Minggu, April 26, 2009

Gejolak emosi jiwa

23 komentar
Sebelumnya say sorry dulu ya..ini hanya ungkapan emosi jiwa kak ega, besok janji postingannya akan jauh lebih manis.. swear terkewer2!! hehehe
Seberapa penting buku muka alias fesbuk bagi seseorang? Kalo untuk Kak Ega fesbuk cuma alat buat komunikasi dengan temen2 aja, baik yang dah lama maupun yang baru aja kenal..terutama like temen2 blogger (love u guys!!) bukan buat ajang narsis diri, apalagi ngerusak mood seseorang. Kaya’ yang baru ak alamin tadi malem, cek fesbuk tau2 ada inbox masuk dari cewe yang ngakunya kenal ma adekku untuk minta ditelp karena mo ngasi tau jelek2nya adekku. Ada apa ini?? Ajang fesbuk yang seharusnya buat temen2ku malah ada gangguan kaya’ gini. Ok, ak ikutin apa maunya, ak telp, dia langsung nyerocos tanpa koma, tanpa tarikan napas langsung ngejelek2in adekku. Stop! Ak tau siapa adekku, kalaupun dia bejat sekalipun, ak lebih rela kalau ak yang maki, hina, ngamuk bukan orang lain, apalagi sosok perempuan yang ak ga kenal sama sekali. Karena kalau tu cewe belum pernah dibawa ke rumah ma adekku, itu berarti bukan siapa2.. temen bukan, apalagi pacar.

Tapi ak coba dulu dengerin apa maunya ni cewe.. dia ceritain kalo adekku udah nyakitin hati cewe, trus ak tanyain ke dia “Mang adekku nyakitin kamu gimana??” trus dijawabnya gini “ya, ma ak belum sih…”. What?? Lha napa km bilang adek ku nyakitin. Trus dia juga ngomong adekku matre, cowo gitu. Ak nanya lagi “lha, mang dah berapa duit yang dia porotin km?” dia jawab lagi “Ma ak ngga sih??” ampun deh ni cewe maunya apa sih… lama2 ak males ladenin cewe ga jelas kaya’ gini. Ampun deh bener2 ngerusak moodku malam ini, mana udah tengah malam. Ak bilang ak bakal telp dia balik kalo ak udah confirm ke adekku dulu.
Trus jam 1 malem yang harusnya buat ak untuk bisa tidur nyenyak, malah jadi ajang interogasi ma adekku. Untungnya adekku ga emosi nanggepinnya, dia cuma bilang tu cewe pernah suka ma dia, trus di tolak karena adekku udah punya cewe, makanya jadi kaya’ gitu, suka nguntit, fitnah. Adekku malas ngeladeninnya trus dia minta ak ga usah peduli. Ak percaya adekku, ak tau siapa dia kok. Ak juga males ngeladenin masalah yang menurut ak sama sekali ga penting. Ak sms lagi tu cewe isinya gini: ak percaya adekku, kalaupun km ada masalah ma dia, selesaikan sendiri ma dia. Adekku dah gede, dia bisa nanganin masalahnya sendiri. Ga lama sms balesan masuk: Ok, ak bakal selesain, dan hubungi mama km. Wah ni anak mau ajak perang dunia. Ak paling ngamuk kalo mamaku udah dibawa2 ke masalah kaya’ gini. Ak bakal kejar tu anak kalo sampai berani2nya nyentuh mamaku. Bukannya apa2, mamaku gampang kepikiran, apalagi kalo dah ke anaknya. Ak ga bisa diemin nih, langsung aja ak ngomong gini : “kalo km berani nemuin mamaku, hayo!! Ak tunggu dirumah besok, inget kamu ketemu mamaku harus ada ak dsana.”
Makanya hari ini ak udah siap tempur deh ngadepin tuh cewe, ditunggu2 dari pagi ampe malam gini ga nongol2, ditelp ga diangkat2.. ak ambil kesimpulan cuma 1: Lo cuma berani ngomong doang. Tapi paling ga ya, say thank u juga ma ni cewe, gara2 dia, ak akhirnya bisa curhat2 lagi ma adeku. Rasanya dah lama banget kita ga ngomong dari hati ke hati. So, apapun masalahnya, seburuk apapun masalahnya, gimanapun pribadi keluargaku, ak ga bakal rela kalo ada orang yang nyakitin mereka, karena mereka adalah harta ak, nafas ak, hidup ak. Mereka segalanya buat Kak Ega…kalo ada yang berani nyakitin, kalian berhadapan dengan ak!! Dah lama ak ga gejolak emosi kaya’ gini. Semenjak jadi guru, emosi ak bisa terkontrol dengan baik, tapi semalem ak bener2 emosi, mudah2an ga ngalamin ditelp aneh2 lagi. Jangan bikin emosi jiwa dong!!

Sabtu, April 25, 2009

fun??? sama sekali ga!!

17 komentar
Baru bisa postingan nih, beberapa hari ini sibuk ma jadwal ngajar (percaya atau ga jadwal smk ga sama dengan sekolah2 sma lainnya…pyuuuuuuuuh). Lum lagi harus ngumpulin mood yang bagus biar buat postingannya langsung dari hati, cieeh bahasanya . Makanya mumpung malem libur, dengan ditemani kopi plus buah pir (sungguh tidak matching sekali pengisi perut ini), maka kak ega mencoba membuat postingan baru.
Hari jum’at ak ditugasin buat monitor anak2 yang lagi praktek kerja di Batam, pikiranku cuma 1, asik bis monitor ak bisa jalan2 di Batam.. hmmm..ngebayangin aja udah nyenengin, apalagi segala duit transportasi dan maem udah tanggung beres!! Makin semangat deh buat monitor…
Jam 7 pagi ak udah berangkat bareng ma temen kerjaku (umurnya seumuran mama ku). Jam 8an dah nyampe langsung deh monitor. Dari 7 perusahaan yang ak datengin hampir semuanya perusahaan luar negeri yang invest di batam, ga salah deh kalo ni kota di bilang kota industri. Pake banget. Mayoritas sih sambutan nya asik aja, apalagi tau kalo ak jauh dari tanjungpinang, mereka hargain banget. Tapi ada satu perusahaan yang ga welcome banget, dikirain ak mo minta sumbangan apa.. (yah gimana ya tampilannya aja sambil bawa2 map kuning makanya dikirain minta sumbangan masjid hehe)

Jam 11 siang ak udah selesai monitor..langsung deh ke Nagoya Hill buat belanja, tapi apesnya ni karna perginya ma orang yang seumuran mamaku yah banyak ngalahnya deh, giman ngga, toko2 yang dimasukin merk minded semua deh, pusing ak. Baru aja nanya tas yang lucu, harganya ga ada yang dibawah 1 juta, what??? Kalo tas segitu mah, dompet di dalemnya harus lebih banyak dong isinya.. geleng2 kepala aja ak.
Kalo ak sih ngarepnya bisa beli 3 tas dengan harga 200 ribu hehe, lum lagi ke toko2 baju yang harganya ga beda jauuuh, waduh kaya’nya ak ma si ibu 1 ini beda selera banget. Kak ega sih biasanya harga murah tapi keliatan mahal, kan lebih asik kaya’ gitu. Yang paling penting sih yang bisa buat nyaman, ga perlu mahal, kan juga ga bakal kita omongin terus harganya . Toko2 yang biasanya ak masukin asli hari itu cuma dilewatin doang (ak cuma bisa melirik2, gini ni kalo pergi ma senior cyaaaaah). Udah gitu lama banget jam 5 sore baru ak balik ke Tanjungpinang. Dalam feri ak cuma tidur kerjaannya, ni kaki kalo bisa nangis udah pake nangis bombay kali. Isinya cuma cape’ not fun deh. Lum lagi dapet telp dari kepsek tanggal 29 ak harus pelatihan teknologi informatika gitu padahal hari itu ada acara perpisahan ma murid2ku (kan pengen ma mereka hiks..hiks… nasib2) . Makanya 1 tekad ak: bulan depan harus ke Batam…bales dendam jalan2 sesuai apa yang ak pengen plus pilih temen yang 1 selera (kayanya bisa deh, ngajak sepupuku aja yang seleranya sama abis).. ada yang mo ikut????


Rabu, April 22, 2009

Generasi selanjutnya... akankah itu???

22 komentar
Akhirnya selesai juga ngawasin ujian, kalo SMK kan cuma 3 hari...hari ke 2 ga da masalah... kaya'nya dah jago2 bahasa Inggrisnya hehe.. nah yang hari ke 3 mukanya pada mengkerut semua..mungkin Matematika masih jadi momok yang paling menakutkan buat mereka.. waktu 2 jam masih banyak yang lum selesai.. ak cuma berharap nantinya tingkat kelulusan lebih bagus...Semoga ya Allah!!
Nah Sore nya baru aja selesai nemanin mama ikut arisan keluarga. Baru ngeh kalo udah hampir setengah taunan ga pergi arisan. Dulu, waktu almarhum bapak masih ada ga bakal bisa bolos dari arisan. Kalo ga pergi bapak bilang gini “ia, gapapa ga pergi, ntar kalo kak ega nya meninggal, ke kuburannya pergi sendiri”. Wuiiiiiiiih, itu udah ancaman paling berat dari bokap hehe. Rasanya sebenarnya nyaman kalo ngumpul, tapi ada aja yang ngalangin buat pergi. Pas disana, ternyata sepupu2 seumuran pada ga pergi, so jadilah kak ega ini anak bawang disana. Bener2 diperlakukan layaknya anak kecil. Pengen teriak….. “Haloooo…I’m 26”. Hihihi. Anak bawang banget kan????
Jadi cuma ikutan senyum, ngakak, mesem, gitu deh. Trus tiba2 ada anggota keluarga ku, yang nyeletuk, kira2 dialognya gini:
si Om:
“kak, gimana, udah bener2 sreg jadi penerus kami??”
Kak ega:
“generasi apaan Om?? Generasi biru?? (langsung inget Slank..peace!!)
Si Om
“Bukan Darah biru kak ega… “(Yah…si Om ga nyambung….ak mesem aja, harap maklum beda generasi)

Si Om
“Maksud Om..generasi guru…liat dong kak, keluarga kita kan guru semua”
Kak Ega
“Oh ya ya.. kak ega ga nyadar”…siap…siap..” (Ternyata setelah ak itung2.. tante dan omku hampir sebagian besar guru yah paling tinggi kepsek, ada 9 orang….ak keluarga besar, kalo dah ngumpul, kalah deh orang sekampung)



Ternyata mungkin ini yang buat ak nyaman jadi guru, udah turunan rupanya. Kalo ada yang bilang ada darah seni yang ngalir di tubuh anak kalo papa mamanya juga bidang seni, nah ak ada darah didik yang mengalir disana..hehehe maksa ya…
Jadi guru juga sekarang enak kan. Udah mulai diperhatikan, fasilitas dah mayan banyak, dan moga2 aja tidak menjadikan pribadi – pribadi yang congkak atau yang sewenang – wenang. Kalo itu sih ak bilangnya itu oknum guru (ingat ya OKNUM!!). Jangan karena 1 berbuat semua kena getahnya…..
Dah pada tau lum lagu wajib hymne Guru yang syairnya gini:
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa Tanda Jasa…..

Udah diganti lho, jadi:
Engkau Patriot Pahlawan Bangsa
Membangun Insan Cendekia….

Katanya nih, guru udah dapat banyak tunjangan dan penghargaan dari pemerintah jadi syairnya udah ga cocok lagi dan harus diganti… nah kalo bagi ak sendiri, penghargaan terbesar kalo liat murid2ku nyaman dengan keberadaan ak, atau paling ga nih yang udah lulus trus ketemu lagi, masih nyapa “Ibu, masih ingat saya ga??kangen ma Ibu…” itu udah cukup….

Senin, April 20, 2009

Day 1.. hmm… ok… lah!!

18 komentar
Hari ini anak2 ak smk mulai ngikutin ujian Nasional pusat. Kayanya persiapan udah maksimal buat mereka. Sekarang sih semuanya tergantung ma diri mereka masing – masing aja. Kalau dia punya niat untuk lulus, bakal setengah mampus dia berusaha… tapi yang niat ga mau usaha, ya udah, yuk da da bye bye…ga lulus jangan nyalahin guru, introspeksi diri aja..ya dear…
Sebenarnya baik ak maupun mereka yang ikut ujian sekarang sama deg2an nya, karena kita juga harap2 cemas banget supaya mereka bisa lulus semua. Kebahagiaan guru kalau liat anak didiknya berhasil. Pelaksanaan UN sejauh ini sih so far so good lah… tapi ada topik pembicaraan hangat nih, katanya dinaikin nilai kelulusan jadi 5.5 untuk tiap mata pelajaran. Tapi yang terjadi, katanya nih : Tingkat kelulusan di naikkan dengan penurunan kualitas mata uji… hmmm?? So, untuk apa itu semua??? Pembohongan publik bukan?? Ga perlu malu dengan keadaan yang sebenarnya…..

Ak juga berkali2 nulis di blog ini kurang setuju dengan adanya sistem paket yang bakal mereka ikuti nanti jika ga lulus. Kalau ga lulus ya sudah itu konsekuensi mereka yang harus dihadapi. Ak bukannya ga kasian, tapi itu sama aja ga melatih mental mereka untuk menerima kegagalan dan berpacu lagi!! UN bukan lagi jadi ajang buat mereka untuk benar2 berjuang. Bagi yang masa bodoh dengan pelajaran, bakal bilang gini “Nyante aja..toh masih ada paket”. What?? Nah itu sama aja kan ga melatih mereka untuk berusaha, bersaing dan malah menjadikan mental2 mereka sebagai mental tempe!! Mo dibawa kemana generasi muda saat ini, kalau nantinya ada pendaftaran caleg dengan ijazah paket hehehehe… parah kan??? Ke depan dong kita mikirnya…..

Hari ini ak ngawas ujian di tempat lain, ada yang janggal disini, sebelumnya sih ada pemberitahuan kalo Guru mata pelajaran UN dilarang keras untuk berada di wilayah sekolah dan mereka di bebastugaskan (pernah tau kan ada berita guru2 dalam 1 ruangan ngerjain soal buat murid mereka…ck..ck..ck..). Tapi yang ak liat masih ada guru2 tersebut yang datang ke sekolah, boleh dong curiga? Apalagi pas saat ujian, ada beberapa anak2 yang permisi ke WC..takutnya pada ngumpul dsana, itu ak dan guru yang ngawas bareng ak di dalem kelas juga langsung bicarain… so kita pasang badan, mata dan telinga tajam deh.. untungnya ga da papa..mudah2an gitu… ak ngerti sih kalo ada guru yang sampai segitunya, itu semua semata2 buat kepentingan anak didiknya juga, tapi ya caranya kan salah… sebenarnya ada kesalahan besar juga pada kita: UN dianggap sebagai momok yang menakutkan..makanya pada takut semua.. tapi tenang saja anakku..kalo kamu berusaha, kamu pasti bisa!! Ganbate ya!!

Pulang dari ngawas ak langsung monitor anak2 yang praktek kerja… Hari yang sibuklah!! Lum lagi di jalan ketemu ma mantan lagi jalan ma cewenya yang notabene mantan sahabat ak (Langsung ingat lagu nya Dewa: Ingin kubunuh pacarmu !! hahahahahahaha….) boleh dong curcol (curhat colongan gitu hehehehe)…
So hari 1 : Ok lah!!


Boys.... oh boys.....

7 komentar
Sebelumnya thanks to Bambang yang izinin ak buat nuangin idenya ke blog ak.. untuk kalian para cewe ada komentarkah??? dan boys, bener ga ini pikiran kalian...so dibaca dulu aja ya...

Untuk para cewek2...

1. Tidak Semua cowok seperti Dedy Cobuzer. Jadi jangan harap kami bisa membaca isi pikiranmu disaat kamu manyun tanpa suara. Apa susahnya sih bilang : "Aku Laper, Aku minta dibeliin pakaian, Tolong Rayu Aku...!!"

2. Hari Minggu itu waktunya istirahat setelah 6 hari bekerja, jadi jangan harap kami mau menemani seharian jalan2 ke mall.

3. Berbelanja BUKAN olahraga. Dan kami gak akan berpikir ke arah situ. Bagi kami belanja ya belanja, kalau sudah pas ya beli saja, perbedaan harga toko A dan B cuma 1,000 perak jadi nggak usah keliling kota untuk cari yang paling murah, buang2 bensin aja.

4. Menangis merupakan suatu pemerasan. Lebih baik kami mendengar suara petir, guntur , bom meledak daripada suara tangisanmu yang membuat kami tidak bisa berbuat apa2.

5. Tanya apa yang kamu mau. Cobalah untuk sepaham tentang hal ini. Sindiran halus tidak akan dimengerti. Sindiran kasar tak akan dimengerti Terang2an menyindir juga kita gak ngerti! Ngomong langsung kenapa!?

6. Ya dan Tidak adalah jawaban yang paling dapat diterima hampir semua pertanyaan. It's Simple.!!


7.Cerita ke kami kalo mau masalah kamu diselesaikan. Karena itu yang kami lakukan. Pengen dapet simpati doang sih, cerita aja ke temen2 cewekmu.

8. Sakit kepala selama 17 bulan adalah penyakit. Pergi ke dokter sana !

9. Semua yang kami katakan 6 bulan lalu gak bisa dipertimbangkan dalam suatu argumen. Sebenernya, semua komentar jadi gak berlaku dan batal setelah 7 hari. Janji kami untuk menyebrangi lautan dan mendaki gunung itu hanyalah klise, jangan dianggap serius.

10. Kalo kamu gak mau pake baju kayak model2 pakaian dalam, jangan harap kita seperti artis sinetron dong.

11. Kalo kamu pikir kamu gendut, mungkin aja. Jangan tanya kami dong. Cermin lebih jujur daripada Lelaki.

12. Kamu boleh meminta kami untuk melakukan sesuatu atau menyuruh kami menyelesaikannya dengan cara kamu. Tapi jangan dua2nya dong. Kalo kamu pikir bisa melakukannya lebih baik, kerjain aja sendiri.

13. Kalau bisa, ngomongin apa yang harus kamu omongin pas iklan aja. Ingat, jangan sekali2 ngomong apalagi pas saat tendangan penalty.

14. Kami bukan anak kecil lagi, jadi tak perlu mengingatkan jangan lupa makan, selamat tidur, dll. Menurut kami itu hanyalah pemborosan pulsa saja.

15. Kalo gatel kan bisa digaruk sendiri. Kami juga kok.

16. Kalo kami nanya ada apa dan kamu jawab gak ada apa2, kami akan berpikir memang gak ada apa2. Ingat, seperti no.1 kami bukanlah pembaca pikiran. Ngomong baby...ngomong. ...!!

17. Kalo kita berdua harus pergi ke suatu tempat, pakaian apapun yang kamu pakai, pantes aja kok. Bener. Jadi tidak ada alasan gak mau pergi ke pesta karena tidak ada baju.

18. Jangan tanya apa yang kami pikir tentang sesuatu kecuali kamu memang mau diskusi tentang bola, game, billyard, memancing atau mungkin juga ttg teknik mereparasi mobil.

19. Kami malas berdebat secara hati dan perasaan, ingat!! kami hanya pakai logika.

20. Terima kasih sudah mau baca ini. Iya, aku akan tidur di sofa nanti
malam ampunnnn ...

Jumat, April 17, 2009

Syukur

15 komentar
Semalem baru aja flashback lagi sama masa lalu. Bermula dari abang ak yang minta bantuan buat nyelesain makalahnya tentang desentralisasi fiskal. Ingatan ak langsung ke skripsi yang pernah ak buat dulu. Trus langsung ngebongkar2 isi lemari. Skripsi ak kasiin ke dia, setelah selesai main di tinggal aja. Awalnya kesal, tapi berikutnya say thank you ma abangku. Kenapa ?? isi skripsi menggelitik naluri sentimentil ak. Bukan ke masalah fiscal yang ak bahas. Bukan. Tapi kata pengantar dan halaman persembahan yang ak buat untuk orang – orang yang ak sayang.
Ak termasuk mahasiswa ndablek yang buat kata pengantar seenak ak gak menggunakan tata bahasa yang diharuskan, dan ada 4 halaman. Edan, karena ak mikirnya mereka-mereka yang berarti harus hadir di sripsi ak.
Flashback dengan masa lalu, ternyata ak dikelilingi orang – orang yang luar biasa. Dskripsi itu ak benar-benar bersyukur dengan kehadiran mereka untuk ak. Sekarang ak ngerasa ak jarang bersyukur, hanya mengeluh dan mengeluh. Ngerasa tuntutan hidup terlalu banyak. Apa yang terjadi di sekelilingku sekarang tak sesuai dengan yang ak harapkan. Mulai ngerasa ak harus terlalu banyak kompromi sulit untuk idealis, mulai sibuk dengan pikiran – pikiranku sendiri sampai lupa dengan mereka yang selalu ada buat ak. Baru tersentak saat ada yang bilang ma ak : susah untuk cari kamu sekarang, kamu punya dunia km sendiri yang km bangun, pa ga lelah???


Sungguh lelah, tapi itu tuntutan hidup yang harus ak lewatin. Tapi kamu temanku, makasih untuk ngingetin ak lagi. Ak harus mulai belajar lagi untuk bersyukur atas apa yang ak punya terutama ak mau bersyukur atas mereka yang selalu ada untuk ak. Ak bersyukur karena mereka tak lelah dan tak pernah pergi dari ak. Bahkan ak bersyukur atas teguran – teguran hebat yang dikasi ke ak itu semata – mata karena mereka perduli.
Kalo boleh minjam kutipan lagunya Too phat feat Dian Sastro… ini ngewakilin isi hati ak:

Disaat waktu berhenti, kosong
Dimensi membutakan mata, memekakkan telinga
Lalu diri menjadi hampa
Saat paradigma dunia tak lagi digunakan
Untuk menerka
Sadarku akan hadirMu mematahkan sendi – sendi
Yang biasanya tegak berdiri

Sujudku pun tak akan memuaskan diriku
Untuk haturkan sembuh ke dalam kalbu
Adapun ku sembahkan Syukur padaMu ya Allah
Untuk nama, harta, dan keluarga yang mencinta
Dan perjalanan yang sejauh ini tertempa
Alhamdulillah pilihan dan kesempatan
Yang membuat hamba mengerti lebih baik makna diri
Semuanya lebih berarti bila dihayati
Alhamdulillah, Alhamdulillah, Alhamdulillah

Rabu, April 15, 2009

Misteri David

22 komentar
Jujur ak ga tau kenapa ak mo ngebahas ini di blog.. kejadiannya dah lama sebenernya, tapi mangkelnya ati masih berlanjut mpe sekarang.. Apa ada yang pernah baca mahasiswa NTU Singapura asal Indonesia David Hartanto Wijaya yang dikabarkan menusuk dosennya lalu bunuh diri??? ternyata pemberitaan akhir2 ini justru mengarah pada dugaan Davidlah yang sebenarnya dihabisi. Ironis sekali bukan? apalagi dugaan dibunuhnya David karena penemuan David yang luar biasa hebat. Tugas akhir David berjudul “Multiview acquisition from Multi-camera configuration for person adaptive 3D display.” Riset David berhasil menemukan komponen yang bisa menayangkan obyek 3 dimensi yang bisa tayang di udara. Semacam hologram tiga dimensi yang bisa hidup di udara.

Kemampuan membuat gambar visual 3D itu bisa dimanfaatkan untuk teknologi intelijen, di mana sosok orang digital bisa diprogram masuk ke ruang tertentu, dipantau melalui kamera CCTV, gerakannya dipandu pemindai gerak (motion capture); dapat mengirim data, suara, layaknya manusia benaran yang sedang kita perintah bekerja.

Hasil penelitian ini juga bisa berguna bagi televisi 3 dimensi masa depan, yang dapat ditonton kasatmata, tanpa kacamata khusus. Jika benar itu yang ditemukan, implementasinya bisa macam-macam. Kita bisa saja ganti resepsionis di kantor dengan orang 3D
.



Kalo memang David dibunuh karena itu, sebenarnya Bangsa Indonesia sudah kehilangan aset anak bangsa yang luar biasa bernilai. Tapi anehnya justru Mabes Polri malah terkesan membiarkan peristiwa ini sampai akhirnya keluarga membentuk tim sendiri untuk mengusut kematian David yang dianggap tak wajar..Bahkan tim verifikasi menyatakan 99% David dibunuh... Belum lagi ditemukannya pisau yang digunakan untuk menusuk tanpa gagang, rasanya aneh bukan??? Tubuh David yang dibungkus layaknya mumi?? Ruangan kamar david yang komputernya sepenuhnya menyala (ternyata David sebelumnya sempat ngegames dulu..kok sempat2nya ya?? seolah2 layaknya hari2 biasa dilalui), menunjukkan indikasi David tak pernah berniat bunuh diri.. belum lagi petugas kebersihan yang mendengar teriakan David.."They want to kill me"...
trus hanya dalam 1 bulan ditemukan mahasiswa NTU Singapura yang tewas..yang satu gantung diri, yang satu tertabrak mobil..rasanya bener2 aneh...
Seandainya Mabes Polri mau mengusut lebih lanjut, alangkah bagusnya??? apa yang kita takutkan?? Nama Besar Singapura?? Come on..mereka besar karena hasil kerukan pasir Indonesia yang diambil seenaknya...
David adalah aset bangsa... sayangnya di Indonesia kehilangan 1 nyawa tak berarti...seolah2 nyawa tak ada harganya lagi... TKW meninggal di negeri orang dianggap "1 mati tumbuh seribu"... pyuuuuuuuuh...
Buat pak SBY: perhatikanlah pak, seperti bapak dulu turun tangan terhadap penculikan gadis kecil bernama raysa..jangan sampai terulang lagi mahasiswa2 pintar kita tak bisa bebas berekspresi dengan kepintarannya karena ketakutan dinegeri orang disana...

untukmu David dan Family...semua akan terbukti nantinya...bersabarlah....

Senin, April 13, 2009

Birokrasi kompleks

13 komentar
Tadi, sambil nunggu jam buat masuk kelas, ak ngobrol ma rekan kerja ku yang lagi berkeluh kesah tentang nasibnya yang dibuat ga jelas ma pemerintahan di kotaku. Sambil dengerin cerita rekan kerjaku (anggaplah namanya kak Dita dia tau ak bakal bahas ini di blog dan ga mau namanya dipublikasikan, takut jadi selebritis hihihihihi), tiba-tiba ingatan ak melayang ma lagu Slank tentang birokrasi kompleks. Slank buat lagu itu pasti ada dasarnya ga asal jeplak. Seingat ak itu lagu lama, dan ternyata masih berlaku di zaman sekarang ini. Ck…ck..ck..ck…
Ilustrasi singkatnya gini: Kak Dita keterima jadi pns guru di kotaku lewat tes seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil. Trus yang jadi masalahnya sekarang ini ternyata ijazahnya kak Dita dibilang ga sesuai dengan jurusan yang diambil. Jurusan yang diterima adalah kewirausahaan dan ijazah pendidikannya adalah pendidikan ekonomi. What the hell?? Setau saya jurusan pendidikan ekonomi di dalamnya termasuk kewirausahaan. Awalnya kan nama jurusan nya Pendidikan Dunia Usaha dan sekarang di ubah jadi pendidikan ekonomi. Nah sekarang NIP (Nomor Induk Pegawai)nya ga bisa dikeluarkan dan otomatis status pns nya ga berlaku. Ada kejanggalan di sini.

Kak Dita bahkan udah minta keterangan langsung ma dekan kampusnya tentang ijazahnya yang sesuai dengan jurusan yang dia ambil saat ikut tes. Nah menurut ak simple aja. Toh pada saat kita ngelamar tes, kan ada seleksi administrasinya, kan dah dianggap lulus dan bisa ikut tes, artinya semua persyaratan udah dianggap sah. Kenapa mau dibikin ribet?? Ada apa?? Lagi seru –serunya ngobrol, temenku yang satu lagi nyeletuk “Biasalah tu Dit….org2 dsana pasti udah punya nama lain yang dimasukkan….” Hah?? Hari gini?? Masih ni pake lewat jalan kotor?? Bau dong……

Sedih aja. Orang bisa gelap mata ngerusakin masa depan seseorang dengan cara busuk kayak gitu. Ga kepikir apa dia udah rusak kebahagiaan keluarga dan masa depan keluarga kak dita. Dia udah ambil hak orang. Pyuuuuuuuuuuuuh.
Belum lagi ak tau penerimaan di provinsi tempat ak, yang dcari jurusan ekonomi yang keterima jurusan hukum. Trus syarat IP 2.75 minimal malah yang keterima 2.4. parah banget kan. Nah gini, kalo semuanya berlangsung dengan kayak gini, gimana negara kita mau maju?? Yang isi toh bukan org2 yang berkompeten. Budaya yang seperti ini masih melekat banget. Sering banget ak ngalamin kayak gini…
“Ga, urus dong guru honor daerah di dinas kota… ada orang dalem ga??”. Bukannya kalimatnya harusnya gini “Ga, urus dong guru honor daerah di dinas kota… Nilai ijazah ega ok kan??? Dari universitas yang ok juga kan?”
Kalo hampir sebagian besar lewat jalan belakang, kapan ada perubahan??? Bokap pernah bilang, “bapak bisa aja buat ega keterima di salah satu kantor pemerintahan disini, tapi untuk apa?? Apa gunanya capek2 kuliah masuk dengan cara kayak gitu. Berarti ga percaya dong ma kemampuan sendiri??”

Alhamdulillah, ak sama sekali ga tertarik dengan cara2 belakang kayak gitu. Pikiran ak Cuma 1… toh pada akhirnya ak hidup untuk ak kembali ma Tuhan dan ngelaporin apa yang udah ak perbuat di dunia. Mo ngomong apa ak ma Dia?? Ga perlu ngomong kali, neraka udah nunggu, trus ak di cempungin ke sana. Tanpa cara2 gitu aja ak ga yakin masuk surga pa ga. Apalagi jalan kotor. Ih serem. Moga-moga aja pemilihan presiden nanti bawa perubahan. Moga – moga aja akan dunia indah dimana pemerintahannya bersih dan org2 didalamnya takut semua dengan Tuhan….
Untuk kak Dita…………Ganbate!! Go go Chaiyo…percaya kak Tuhan itu ada..semua akan baik2 aja…..

Minggu, April 12, 2009

Perempuan - perempuan hebat

13 komentar
Akhir – akhir ini sering banget inspirasi ak untuk posting baru berasal dari siaran2 TV. Minggu siang ak nonton Kick Andy di Metro TV tentang profesi2 wanita tangguh, mulai dari pilot Airbus, nakhoda kapal laut, kapolda wanita, pemadam kebakaran, pokoknya profesi yang ak rasa jarang banget terpikirkan oleh perempuan – perempuan kebanyakan. Emansipasi wanita (makasih banget Ibu Kartini) membuat semua pekerjaan yang dulunya hanya pria yang mengerjakan sekarang perempuan pun bisa melakukannya. Yang pengen ak bicarain disini lebih ke perempuan – perempuan hebat menurut pandangan ak. Dia tidak harus sebagai pekerja – pekerja handal tapi juga sebagai sumber inspirasi.
1.My mom
Wah kalau menyebut perempuan hebat, ak ga bisa ninggalin sosok perempuan satu ini. Ak rasa semua mengamini kalau sosok ibu adalah sosok perempuan luar biasa. Bagi ak dia perempuan terhebat yang pernah ada. Thanks to Allah yang sudah menghadirkan sosoknya sebagai seorang ibu yang luar biasa. Bagi ak mama sosok yang tegas, punya prinsip hidup jelas tapi juga ga buat kita terteror dengan ketegasannya. Sosok mama adalah Sahabat yang ga akan pernah menusuk kamu dari belakang. Ak beruntung punya mama yang bisa jadi sahabat ak. Ak ga malu – malu ngakuin ke mama tentang sosok laki2 yang ak suka hampir 8 tahun yang pada akhirnya hanya bisa jadi temanku. Mama walaupun mungkin kesel dengarnya tapi tetap support tuh. Paling setelah itu jarinya meliuk2 sambil ngomong ‘Kasiaaaaaaaaan deh lu’. Mama juga pahlawan bagi ak, abangku, adek juga kakakku. Andai bapak masih hidup pasti bapak setuju kalau mama adalah pahlawan keluarga. Mungkin benar kata orang saat seorang bapak pergi kita akan kehilangan seorang pencari nafkah tapi kalau seorang ibu yang pergi kita kehilangan pondasi hidup. Saking hebatnya sosok mama. Ngomongin tentang mama tiba-tiba ak kehilangan kata-kata, perasaan banyak banget seliweran di kepala eh pas mau dituangin malah ilang. Yang jelas kalau di tanya perempuan hebat dialah orangnya.


My mommy........



2.Ibu – ibu yang berkorban untuk anaknya di muka bumi
Apapun profesinya seorang ibu yang anaknya adalah hidupnya, nafasnya ak kasih penghargaan yang paling dalam untuk mereka. Keringat, tangis, tawa dan nafas yang kalian berikan untuk anak2 kalian adalah harta tak terhingga yang tak kan bisa terbalas dengan apapun. Apa nanti ak akan jadi bagian dari kalian?? Ak harap ia. Bagi ak seorang ibu tidak harus sosok yang melahirkan seorang anak tapi ibu adalah sosok yang membesarkan seorang anak dengan kasih, cinta, kesabaran dan rasa tulus. Seorang ibu akan jauh lebih bahagia bila melihat anaknya bahagia, tapi dia juga orang yang paling bersedih apabila anaknya tidak bahagia. Makanya kewajiban kita untuk buat diri kita sendiri bahagia, karena ada seseorang yang akan merasa berhasil bila melihat mimpi anaknya menjadi nyata. That’s the real mom.

Entah kenapa ak ga bisa nemuin lagi siapa-siapa wanita terhebat di muka bumi ini. Jadi hanya mereka2 yang terpikirkan untuk ak saat ini. Ak ingin jadi bagian dari mereka nantinya..
Untuk kalian, dan juga untuk ak… berapa kali dalam 1 bulan ini kita bilang sayang sama mama?? Kita natap wajah mama. Hari ini bukan hari ibu, bukan juga hari kartini. Ak gak butuh nunggu hari itu untuk bilang I love u Mom. Ak juga ga butuh lebaran untuk bilang ‘maafin kak ega ya Mommy dah banyak ngecewain mama’. Kalau harus nunggu moment entahlah kesannya di paksakan bukan?? Mumpung masih ada waktu, masih nafas, pergi deh sebentar ke mama, lihat matanya dan bilang ‘I love u mama’. Biasanya sih mama suka ngomong gini “Kak ega napa?? Sakit?’ haha.. percaya deh dibalik itu semua, mama pasti bahagia. Walau lebih bagus dengan tindakan, tapi adakalanya kita juga butuh kata – kata manis dari orang yang kita sayang ya ga???. I love u.. the magic words bukan???


Sabtu, April 11, 2009

Malu.......

15 komentar
Malem ini lagi bete-betenya nyelesain kerjaan yang harusnya ak pake buat liburan… dah buntu ga bisa nyelesain, iseng2 langsung nyalain TV.. cetak cetek cetak cetek sana sini ga juga nemuin chanel yang pas di hati. Trus ada siaran American Idol season 8 yang ak ga terlalu sering ikutin, ya sudahlah daripada ga da chanel yang lain. Kebetulan ada Chanel 8 Malaysia dtempatku yang nyiarin American Idol (di Tanjungpinang karna letaknya ga jauh dari Malaysia, ga perlu pakai parabola buat nangkep siarannya… asik kan)
Nah ternyata itu moment saat si Ryan Seacrest nya nyampein sapa yang harus keluar karena voting terendah. Ak mulai konsen saat satu per satu di umumkan kedudukannya aman apa gak. Ada 1 yang menggelitik perasaan sentimentil ak, saat 1 nama dipanggil dengan kedudukan suara yang terendah, Ryan sampai anterin dia ke tempat duduknya. Ak pikir kok lebay banget mang ga bisa duduk sendiri apa….
Ternyata peserta itu yang keluar.. akhirnya maju lagi buat nyanyi untuk terakhir kalinya.. (Maaf sebelumnya, mengingat nama adalah kelemahan terbesar kak ega..ak lupa nama pesertanya, maklum ga terlalu sering ngikutin)


Nah ternyata pesertanya..maaf dia ga bisa melihat (buta). Ak jadi nyesel sendiri nganggep si Ryan tadi lebay nganterin ke tempat duduk. Tapi asli ga kelihatan kalau dia buta.. ak lihatnya biasa aja. Dan ga nyangka juga American Idol ada pesertanya yang buta. Disana yang dilihat memang bakatnya. Suaranya bagus banget. Dan bagusnya suasananya ga terlalu di dramatisir atau di buat – buat. Biasa aja. Kalau di Indonesia justru acara2 musik reality seolah2 itu menjadi daya tariknya, bukan bakatnya tapi karena dia anak tukang becak, atau anak TKW yang di arab, bokapnya mau operasi kulit..dan pemirsa menjadi simpati karena keadaan itu selalu di ungkit terus menerus..dan akhirnya jadi lah mereka juaranya… Tapi bukan itu yang ak bahas sekarang (itu intermezzo saja)


Yang pengen ak bilang di sini, orang yang dengan keterbatasan seperti itu justru bisa mampu maju mengalahkan orang2 normal lainnya. Sementara nih ak yang normal sering banget ngeluh dengan semua kerjaan yang ak dapet, padahal harusnya bersyukur dengan kepercayaan yang orang kasi ke ak.. Jadi malu sendiri. Ya mungkin sifatnya ak sebagai manusia biasa yang agak egois dan ga bersyukur kali ya (Maaf Allah). Tuhan udah nyiptain manusia dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Contoh di atas adalah Peserta American Idol itu diberi kekurangan ma Tuhan namun dia bisa mencari kelebihannya yang pada akhirnya justru mengalahkan kelemahannya. Luar biasa kan… itu hanya contoh kecil aja. Sementara ak, udah dkasi banyak kayak gini masih aja ngeluh.. perbedaan yang bikin malu sekali. Nah untuk ga malu2in.. bis buat postingan ini, langsung deh ngerjain tugasku lagi. Ayo kak Ega!! Semangat!! Jangan banyak ngeluh.. semuanya bakal baik2 aja kalo semuanya bisa dilakuin ikhlas…….. teriak lagi ah.. Ganbate!!!!


Jumat, April 10, 2009

Percakapan di sore hampir senja....

9 komentar
Sore tadi bis nemenin ponakan buat jajan di warung, trus liat tetanggaku yang kebingungan gitu.. mo negur bingung manggilnya apa (Laki2 tapi wanita...ya waria lah)..ya ak cuma senyum aja, dia bales senyum, tapi ga ninggalin wajah bingung ya makin mengkeret.. Ak suruh ponakan ku balik dulu...ak coba ajak ngomong...

Kak ega :
'Napa mba? kok bingung? (Braniin diri manggil mba, semoga ga marah..daripada mas, jelas2 keliatan gaya cewenya...)
Si Mba ':
'ini nyari anakku, kamu liat ga dek kmana??

Kak ega:
(ekspresi bingungnya ngelebihin mbanya.. pengen geplak kepala sendiri karena baru nyadar kalo jarang banget sosialisasi ma tetangga... bego..bego... masa bisa ga ngerti kehidupan tetangga sih.. mpe ga tau kalo mba ternyata punya anak......ntar mati sendirian lho ga, ga da yang bantu...hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii...)

Untungnya muncul tetanggaku langsung nyahut....'Mb Shinta, itu loh vivi drumah bude Tin...' (bisa langsung lihat deh ekspresi leganya mba shinta..namanya mba shinta juga ak ga tau.. parah banget ya........ternyata si vivi anaknya toh, anak yang gemesin itu)
karena tadi dah ngajakin ngomong, ak langsung nyari tempat duduk nyaman buat ngobrol ma mba shinta....isi percakapannya kaya' gini (yah ga sama persis, tapi intinya gini)....

Mba Shinta:
Dek, km napa bingung toh mukanya?? mo nanya apa?? hehe..kita jarang banget ya ngobrol..malah ga pernah, padahal ak sering lho dek liat km ma anak mba mu belanja di warung..cuma ga enak mo negur....

kak ega:
'Kok pake ga enak sih mba, negur aja lagi mba, kaya' ak siapa aja..

mba shinta:
ya..km sih normal..ak kan ga..takutnya ntar dibilang sok akrab...

kak ega:
'apaan sih mba.. nyante aja lagi, ak yang ga enak, masa' lebih muda harus yang tua yang negur...(mb shinta cuma senyum aja)
'Mba, vivi anaknya mba?? dah brp taun umurnya mba??'

mb shinta:
'Iya..empat tahun.. napa mo nanya, keluarnya dari mana ya?? hahahahaha...(mb shinta langsung tertawa, yah ak juga langsung mesem2 sambil mikir gimana caranya ya..hehehe)

kak ega:
'mb adopsi ya?? ak pernah liat vivi..lucu banget...

mb shinta:
Yah ga munginlah ak adopsi, mana ada pihak panti asuhan yang percaya orgtua kaya' ak..padahal mereka tuh ga tau dek, kmi2 justru atinya jauuh lebih sensitif... Vivi anak temenku yang kerja jadi TKI di Arab.. dia ga mau jaga, malah kasi ke ak, minta bayar 2 juta...yah ak ambil kasian dek...parah ya mak kaya' gitu'

kak ega:
'vivi beruntung lagi mba punya mama kaya' mba, daripada kalo ma maknya ntar dibuang..iya ga???

mb shinta:
bener dek.... tapi bingung nih, ak bingung, vivi belum punya bapak.. tapi kalo punya juga bingung... masa temennya bakal bilang...jeruk ketemu jeruk dong hahahaha....



Itulah mba Shinta..nanggapin sesuatu dengan kebahagiaan...percakapan itu terus lanjut.. Mb Shinta nyadar kalo kehidupan dia kedepan belum tau kaya' apa... Makanya dia setengah mati kerja untuk Vivi..dia juga kasi alesan kenapa dia mau ngambil vivi, semata2 dia takut kalo nanti dhari tuanya akan sendirian, dia ga mau sendiri, pingin ada keluarga.. Dia masih bingung kalau2 nanti vivi bertanya kenapa dia milih jadi waria?? kenapa mamanya ga mau pelihara anaknya..Dia takut Vivi malu..

Percakapan di sore hari itu juga buat ak mikir.. Yang namanya ibu.. ga perlu harus melahirkan untuk jadi seorang ibu..contoh nyata aja mb shinta yang notabene bukan seorang ibu, tapi jelas2 punya mimpi besar untuk vivi.. Dia bahkan udah nyiapin bekal tabungan untuk vivi sekolah..moga2 aja Vivi ga malu punya mama seperti mba Shinta... Dia juga cerita kalo liat vivi tdur sering nangis sendiri, sedih liat vivi hidup justru bersama dia..tapi dia juga mikir ibunya Vivi toh rela jual anaknya hanya dengan 2 juta...trus ga pernah nanya2 kabar anaknya... Dia bahkan bilang, seandainya orgtua Vivi mau ambil lagi, walau sebenarnya ga sanggup, tapi dia rela yang penting vivi punya keluarga normal... ck..ck..ck...

Mata ak terbuka, kita ga bisa nilai seseorang hanya dari luarnya aja.. mb shinta toh manusia juga..Waria memang jadi pilihan hidupnya dia...Menjadi ibu pun pilihan hidupnya..ak dapat cerita dari tetanggaku yang lain kalo mba shinta rajin banget sholatnya..nah yang kaya gini sebaiknya kita serahkan sama Tuhan. Hanya Dia yang berhak mengadili kehidupan manusia.. sebagai manusia ya kita saling hargain...


Kamis, April 09, 2009

Dapet pe-er nih...

12 komentar
Sebenernya dah lama pengen postingin ini tapi ada aja halangannya sorry ya fren.. dapet peer dari sandal jepit yang minta buat ak isi peer kenapa ak suka nge blog.. simple aja kenapanya.. nih ak coba jawab...
1. ak bebas nuangin apapun yang ak pikirin tanpa ada pihak2 yang coba ikut campur.. so dsini ak ngerasa milikin dunia ak sendiri..dsini ak bisa yang namanya idealis (susah banget bo zaman sekarang hehe)
2. bisa kenal temen2 dari dunia maya yang ternyata sangat2 seru ngerasa bisa langsung akrab.. viva blogger deh.. btw sekalian ak kasi awardnya juga buat kalian ya.. moga2 suka..eh jalanin dulu pe er nya... mba upi blog dengan segudang cerita yang menarik abis!! ophie si adek tersayang... rco yang sering kasi comment ke saya thanks ya.. jeng sri yang sering maen ke tempat saya...rudy viva MU ya!! and everybody yang pengen ambil silahkan.. kasi aja alasan kenapa km suka nge blog.. oh ya ni awardnya.. koko juga makasi ya




Pokoknya every body... mari kita nge blog dengan semangat.. cari temen, bikin adem tapi jangan grasak grusuk iseng ga jelas ya hehe

contreng....centang....coblos....intinya sama...

3 komentar
Kak ega kali ini ga mau ketinggalan moment..ya namanya juga 5 tahun sekali warga negara yang baik harus ikut dong... jujur aja, masih ragu mo milih siapa (kecuali presiden dah yakin 100%, moga aja partainya menang :) bisa nyalonin deh.. jam 9 masih di tempat tidur nih maklum long weekend... dteriakin ma nyokap..akhirnya siap2.. trus langsung pergi deh... Nyampe dsana ternyata daftar dulu dan kena giliran no. 162... sementara yang maju no.100, naluri bu guru nya langsung jalan.. Ala matematika ak mikirnya.. tempat contrengan ada 4.. berarti kalo ngikutin lagunya coklat 5 menit... berarti masih ada 60 orang yang lum maju dibagi 4 berarti ada 15 org tiap tempatnya berarti 75 menitan ak nunggu... yah bisa bosen banget.. mumpung tempat tpsnya deket dipke balik dulu...

ni ekspresi bis nyontreng....




60 menit berikutnya baru pergi lagi.. nunguu dikit gapapa dong.. trus iseng aja njak tetangga ngobrol:
kak ega :'tante, bingung nih mo milih apa?? tau deh nyampe kotak suara gimana'
tante :' ya udah ga, pilih aja no. 9 partai ...........(ga disebutin ah males)
kak ega : senyum2 aja...

sebenarnya sih udah ada yang ak niatin...cuma pengen ajak ngobrol aja..niat banget sih tante 4 kertas suara diajakin milih sesuai maunya tante hehe...maaf tante..udah punya pilihan sendiri...
percakapan sebelumnya juga dengan rekan kerja ak..

kak ega : 'besok pasti antri nih milih...'
temen 1 : 'ya bebas milih kan...tapi inget jangan milih yang perempuan (hah?? bukannnya sekarang emansipasi ya..males debatnya..senyum2 aja)
temen 2 : 'ntar di desa2 biasanya ad serangan fajar (bengong..ga ngerti)
kak ega : 'apa tuh bu??
temen 2 : 'itu, ada yang bagi2in duit ma sembako buat milih dia'

ternyata pada masih usaha mpe detik2 penghabisan (ati2 lho ntar bisa sakit jiwa kalo ga kepilih).. itu lah fenomena pemilu.. ak sih pengen cepat selesai biar ga da lagi pahlawan2 ksiangan.. jalanan kotor, huaaaaaa....
ya moga2 aja nih pilihan kak ega bener2 bisa dipercaya!! kalian ga golput kan??? (eh lagunya coklat bener kok..lima menit buat ak..tapi ak bayangin kalo yang maju nenek2 atao kakek2..ribet bo..kertasnya gede banget... hehe...



Rabu, April 08, 2009

Km pernah bilang

9 komentar
Kamu pernah bilang ‘Hari ini ak udah liat puluhan pasang mata..tapi ga sempurna tanpa melihat sepasang mata kamu’
Nyatanya : Sudah seminggu hari2 kamu sempurna tanpa melihat mata ak

Kamu pernah bilang ‘Apa yang ak tahu tentang cinta?? Hmmm.. bagi ak cinta itu kamu’
Nyatanya : ak bertanya2 sekarang siapa cinta kamu??

Kamu pernah bilang ‘Cinta itu kalo orang yang dicintai bahagia maka ak ikut bahagia’
Nyatanya : Ak sakit sekarang…. Masihkah km cinta ak??

Kamu pernah bilang ‘Km lagi apa sekarang?? Ak ga bisa kalo ga tau kabar kamu’
Nyatanya : Km lalui hari dan lupa cek phonebook km…ada nama ak dsana

Kamu pernah bilang ‘Tuhan kirim kamu untuk ak’
Nyatanya : Bener ga ya km juga dikirim Tuhan buat ak??

Kamu pernah bilang ‘Ini coklat buat kamu..Cinta seperti itu juga rasanya.. pahit-pahit manis’
Nyatanya : Kebanyakan ak makan yang pait sekarang



Terlalu banyak yang km bilang sampai2 ak lupa entah berapa ratus atau ribu kata. Hari – hari awal terasa baik2 saja…. hal kecil bahkan bisa kita dramatisir jadi indah. Ak bahkan sangat ingin tahu tentang kamu, apa yang kamu suka?? Apa yang km benci?? Kenapa km suka pake topi?? Kenapa kamu bisa ramah banget?? Kenapa muka km sedih?? Apa yang buat km happy?? Dulu ak ga gitu, ak termasuk makhluk yang paling egois…. Ak rasa saat itu kita sama – sama disuguhi yang namanya Cinta…..

Tapi ak lupa, cinta itu ibarat tanaman yang harus diberi pupuk terus kalo ga dia akan layu… tau – tau semua berlalu gitu aja..Km lupa kasi tau kalo km tugas ke luar kota?? Aneh ya….Saat km tau ak sakit, km hanya menghubungiku lewat telp.. dan bahkan sulit sekali untuk datang..bahkan kalo dipikir2 hanya butuh 15 menit untuk km sampai dirumahku. Bayangin dulu km begitu panik saat ak jatuh dan lecet2 dkaki ku, hanya lecet sayang.... ak bisa liat ke khawatiran km… saat ini ak hanya tersenyum lirih..dan bilang ‘km sedang sibuk’ Mereka sahabatku hanya geleng-geleng saja dan elusan tangan mereka ke kepalaku menandakan kalimat ‘Mau sampai kapan km kaya’ gini???’ entah mengapa tak terucap dari bibir mereka……mungkin mereka tak mampu….karena tak hanya hatiku, hati km..tapi ada hati lain yang juga terlibat….yang juga bagian dalam hidup mereka

Ak harus ambil sikap.. ak ga mau kaya gini terus.. untuk km yang dulu ak bilang pasangan jiwa.. biarkan kali ini ak memutuskan sesuatu…

Km pernah bilang ‘Ak harap cinta ini untuk selamanya’
Nyatanya: ak pergi meninggalkan km yang duduk membisu di tempat pertama kali km kenalkan yang namanya cinta hanya kebisuan yang jadi saksi dan tetesan dari sudut dua mataku, namun beban besar terangkat dari pundakku’

Note: km ga perlu ga enak ma ak… jalani saja hubungan km dengan dia…tapi maaf ak ga bisa lihat kalian dulu.. dan pesan buat dia ‘maaf ak ga bisa jadi sahabatnya lagi..karena sahabat ga akan mendorong sahabatnya hingga jatuh’


Senin, April 06, 2009

Mental Juara

7 komentar
Semalem bis nonton Liga Inggris Manchester United vs Aston Villa.. mang bener ya..dalam sepakbola, kita ga bisa tau siapa pemenangnya sampai peluit akhir dibunyikan.. itu yang terjadi semalem.. kirain Hasil pertandingan bakal seri (sempat kecewa juga bisnya 2 pertandingan sebelumnya MU kalah mulu).. eh ga taunya menang... wah bener2 perjuangan... Tapi bukan tentang pertandingan semalam yang pengen ak bahas di blog ini.. tapi gimana mental seorang juara yang pengen ak kupas...

MU tuh mang team yang org2 di dalamnya punya mental2 juara.. mereka berjuang mpe peluit akhir berbunyi (ingat ga final liga champion 99... 2 menit terakhir dari yang ketinggalan bisa menang..waw!! moment yang ga bakal ak lupa)... nah mereka udah tertanam semangat juara, ga da tuh yang namanya menyerah..itu hal tabu buat mereka.. ak pengen banget punya mental juara..berjuang dengan semua kerjaan yang dilimpahkan ke ak.. ga mudah putus asa apalagi pke bumbu mewek sana sini.. Untungnya aja didikan yang ak terima selalu ga kenal kata menyerah, setiap hidup yang dijalanin selalu punya target2 yang harus dcapai (walaupun ga semuanya tercapai), bapak ngajarin untuk selalu positif, berjuang plus berdoa (ga da tuh yang namanya ngandelin nama bokap apalagi nyogok sana - sini... aih jijay amit2 jabang bayi.. moga ga kegoda!!), ak dilatih untuk ga mudah nyerah, dulu ak anggap ajaran bapak keras, ternyata manfaatnya gede banget...

ini yang ak rasain sekarang murid2ku ga punya.. semuanya serba pasif.. ak ga bisa liat keaktifan mereka, semuanya serba di dorong dengan paksaan.. motivasi mereka kurang banget (ak benci sistem remedial-pengulangan2.. ak juga benci sistem paket b atau c bagi yang ga lulus- kalo ga lulus itu resiko.. mang banyak yang ga lulus karna mang kurang berusaha- tapi ak juga ga suka kelulusan ditentukan hanyA dari nilai UN.. pihak sekolah ga punya kuasa.. padahal kami yang tau seluk beluk ttg anak itu!!) ternyata banyak mengeluh kak ega ini :)

Ak pengen murid2ku punya semangat juang yang tinggi.. sebelum bener2 final..ga da yang nyerah, ngerasain yang namanya berjuang.. punya mental untuk maju!! Ak pernah yang namanya ga punya semangat (palagi saat2 mulai kuliah) nyeselnya belakangan, kenapa ga dari dulu2 fokus..ak ga mau murid2ku ngalamin penyia2an waktu yang ak dulu lakuin.. mereka harus lebih baik dari ak.. ak akan bangga..

Jujur aja, terlepas dari prilaku2 pesepakbola dluar lapangan hijau yang kadang aneh, tapi lihat mereka saat dlapangan.. bener2 mpe detik2 penghabisan (MU sering buat ak takjub), Lihat David Beckham dengan prestasinya (Liga inggris, spanyol, amerika, bahkan sampai italia)... kalo hanya ngandelin tampang ga mungkin mpe seperti itu (mangnya artis sinetron)..dia punya mentalitas juara (ingat ga zaman inggris kalah di piala dunia 98 dan dia dijadikan kambing hitam..lihat dia bangkit dari cemoohan pendukung Inggris bahkan MU.. mulai dari teriakan huuuuuuuuuuuuu sampai memperoleh standing applaus...

Atau Christiano Ronaldo yang tetap semangat tanding meski pernah dapat sorakan hinaan dari fansnya Inggris karena buat Rooney dkartumerahkan pada piala dunia.. dia malah buktikan dengan 33 gol di Liga Inggris padahal bukan striker terlepas dari aksinya yang kadang2 nih suka diving...

Ato dulu Liverpool yang tertinggal 0-3 menjadi 3-3 eh malah kemudian juara lewat adu pinalti.. luar biasa kan semangat juangnya

mereka2 itu adalah mental2 juara... ak suka setiap nonton lihat semangat juangnya.. (sorry buat sepakbola Indonesia..jarang banget kalian buktikan dengan tertinggal bisa menjadi menang!! semangat juang kita mang kalah jauh dari pesepakbola luar... mental kita seringkali dibilang mental tempe.. lembek.. buktinya aja nih, kok sampe ada RS yang udah nyiapin ruang2 khusus buat caleg2 yang bakal sakit jiwa jika kalah.. ga lain ga bukan kita ga punya mental kuat.. itu bukan mental juara, tapi mental2 ambisius yang bablas!!

Moga jadi pelajaran juga buat saya ga gampang nyerah!! kata mama ega nih "go go Chaiyo!!" kalo ak sih balesnya 'Ganbate Mam!".. nanti kita akan raih kemenangan seperti gambar2 dibawah ini.....




Sabtu, April 04, 2009

Pengen tau apa yang sedang dia pikirkan???

10 komentar
Tadi pas lagi ga da jam ngajar, tiba2 ada orangtua murid yang dateng terus nangis2.. ak nanyain kenapa?? ternyata muridku, cewe pula, kabur dari rumahnya... kita ikutan panik buat nyari.. mpe sekarang belum nemu.. kasian liat wajah ibunya yang kebingungan gitu... pasti tadi malem ga bisa tidur, mikirin anaknya lagi apa?? ma sapa??? ngapain aja?? baik2 aja pa ga?? pasti pikiran2 buruk juga berseliweran tanpa permisi disana.. kasian mamanya... ak ga bisa nyalahin 100% anaknya.. pasti muridku punya sebab kenapa dia kabur, walaupun cara yang dia pilih salah

sebenarnya..yang dibutuhin dalam keluarga itu kan cuma komunikasi yang akrab, ngerasa satu sama lain saling milikin... bukannya cuma ketemu dpagi hari aja, atau sekedar minta uang jajan.. akan jauh lebih asik mama atau papa bisa jadi sahabat terbaik, walaupun dalam batas2 mereka adalah orangtua kita.. ya ga?? (ak sering cerita ma mama tentang sapa yang ak suka, ak juga dl sering banget bangunin alm bapak untuk nemenin nonton bola sambil ngomongin hidup yang pengen ak jalanin kaya' apa, berantem2 juga perlu lho..selama 1 sama lain masih ngerasa sayang.. ga hakimin anak atau ga nganggep mama bapak org jahat.

mungkin muridku ga nemuin itu dari keluarganya saat ak tanya ke mamanya seberapa dekat mereka, mamanya cuma diam dan matanya menerawang...ak ga tega nanya lebih lanjut...ak sekarang berpikir apa yang ada dalam benak muridku sekarang??? Mungkin dia ngerasa bersalah.. mungkin ngerasa takuuuuuut.. tapi ak jamin dia tidak akan merasa bahagia... kebahagiaan terbesar anak kalo bersama keluarganya bukan???

so..dimanapun km sekarang anakku.. mama km pasti nungguin kamu.. pulang, kita bisa selesaikan sama2... kasian mama sayang.. moga mereka bisa berkumpul secepatnya.. doa ibu untuk km muridku sayang......

06.30

4 komentar
Kalo Ello suka ma suasana sore saat matahari lagi indah2nya di jam 4.20 (makanya mpe ditattoin).. nah ak suka suasana jam 6.30... Itu saat ak harus pergi kerja. biasanya pergi dianter ma abangku, so kalo dboncengan jauh bisa lihat pemandangan sekitar ma khayalan tingkat tinggi hehe.. cara yang ak lakuin supaya ak bisa mood banget buat kerja, makanya sering merhatiin org2 rame dengan segala kegiatannya, plus ngayal apa yang terjadi sama mereka dhari itu.. mengingat tempat kerjaan sekitar 6 km, makanya bisa ngayalnya lebih banyak..(ak jarang ngajak ngobrol abangku biar dia konsen bawa motornya)

Misalnya kalo ak liat anak sekolah yang dianter ma papanya yang juga pergi kerja (ak ngayalnya ni anak pasti tadi pagi diomel2in ma papanya suruh cepat2, papanya juga mo apel pagi :),

trus ada anak TK yang matanya merah dbonceng ma Mamanya (ni anak pasti tadi pagi bangunnya di paksa2 ma mamanya, trus ga mo sarapan yang udah dibuatin mamanya)... kadang sebel juga tiba2 ada anak sekolah yang nyalip gitu aja (ni pasti buru2 ke sekolah karna lum bikin Pe-er ato terlambat jemput cewenya),

ada juga nih sweet couple SMU (ni cewenya pasti dah dandan banget trus seneng karna pergi ma cowonya... bis snyum mulu di motor, mungkin baru jadian), ada juga pasangan kerja yang ak liat baru aja keluar dari warung2 makanan (kalo ak ngayalnya mereka pasti pengantin baru yang lagi nikmatin saat2 berdua.. kalo dah lama kaya'nya ga deh, soalnya pasti dsuruh masak drumah kan... hemat!!), lum lagi liat penjual yang bawa belanjaan dari pasar banyak banget, ni pasti udah dtungguin ma customer ibu2 rumah tangga yang sambil nunggu pasti ngerumpi makanya gosip satu kampung selalu ada hihihihi

itu salah satu cara ak untuk bunuh ga moodnya kerja.. so pas nyampe sekolah udah seneng aja.. palagi kalo denger sapaan murid2ku "selamat pagi bu' atau 'bu' atau malah 'halo bu...are u ok??' haha.. i'm ok anakku...
ga pengen buat pagi jadi nyebelin..makanya harus cari cara untuk buat jauh lebih asik!! kerjaan jadi enteng kan rasanya...

nah kalo km kawanku?? biasanya ngapain di pagi 06.30??? tidurkah?? malu dong ma ayam hihihihi.. piss!!

Kamis, April 02, 2009

ga adil banget

10 komentar
Tadi baca koran tentang kasus guru dkotaku yang namparin muridnya trus dilaporin ke polisi. Dikoran bilangnya Guru tersebut dituntut jaksa dengan hukuman 3 ½ tahun penjara. What the hell????

Sekarang gini aja, ak bukannya bela guru tersebut ya. Dari kacamata seorang guru, pasti ada sebab kenapa guru bisa segitu marahnya dengan seorang murid. Ga mungkin kan tiba-tiba ngamuk tanpa sebab.. kalau dari kasus diatas yang ak tau ceritanya langsung dari Sekolah yang bersangkutan, anak muridnya ribut di kelas, sudah diperingatkan beberapa kali tapi masih aja nekat. Makin ribut. Trus gurunya kesal, spidol dlempar ke arah muridnya, eh muridnya nyolot malah lempar balik ke gurunya (coba dipikir guru mana yang ga kesel????) ya mungkin kesabaran manusia ada batasnya. Khilaflah dia sampe nampar muridnya. Bukannya dulu kalo kita ga sopan ma yang lebih tua, orangtua kita pasti marah… sama aja kan….


Nah yang bikin bete, kok sampai 3 ½ tahun. Jaksa nya waduuuuh.. please deh.. ga pernah sekolah ya?? Ga pernah bandel ya??? Ngerasa ga pantes dimarahin guru ya??? Sebenernya persoalan kaya’ gini ga perlu sampai dmejahijaukan kan??
Sekarang saya liahat dkoran, Dtv, GURU jadi sorotan banget ya.. mukul murid langsung dberitain, nah muridnya yang bawa hape kesekolah dan ngerekam itu semua dibuat seolah2 bukan masalah.. hanya bisa geleng2 kepala saya.. Padahal dampak buruknya banyak lho seorang siswa bawa hape ke sekolah (smsan ma temen2nya pas jam pelajaran, dengerin musik keras2, kalo ga di awasin bisa mesum2an disana pyuuuuuuuuuh).
Coba deh kita ingat2 lagi kebaikan guru.. yang sebenarnya banyak banget kan?? Hanya 1 kesalahan bisa tak termaafkan?? Padahal sudah berapa kali kita sakiti perasaan seorang guru saat kita ga dengerin pelajarannya, ribut di kelas, ga buat PR?? Guru hanya manusia, yang hatinya juga bisa sakit, yang emosinya juga bisa lepas kontrol… So..pernah kah kalian memikirkan itu wahai murid2ku???
Kalau ini saja bisa dituntut 3 ½ tahun, bagaimana dengan para koruptor yang ngerugiin negara miliaran rupiah bahkan triliunan..otak2 kriminal yang seperti ini??? Semoga hakimnya bisa bijak…Guru itu pendidik.. pertimbangkanlah……

One Day with My MOM…

3 komentar
Sebelum berangkat kerja sempat berantem ma Mama gara2 kebiasaan bangun telat. Mama bilang apa ga ak gubris.. jahat ya.. makanya pas dsekolah ak jadi mikir mama pasti kecewa banget. Gini ni kak ega yang janjinya Cuma mo bahagiain mama setelah bapak ga ada?? Kesannya Cuma omong kosong banget ga sih.. makanya pas mo pulang ngajar, ak niatin banget buat one day harus ma mama, cerita2 ma Mama.. apapun deh ma Mama.

Nyampe Rumah langsung ngajakin mama jalan, pokoknya bikin mama happy. Untungnya ya mama langsung mau.. so jalan- jalanlah kita ke mall.. sempat photo2 juga lho seru!! Lum lagi ak paksa mama pake kaca mata gede warna ungu. Ak bilang ke mama: ‘dipake dong Ma..Ungu kan warna janda.. so mama bisa nunjukin identitas haha’ Mama bukannya marah malah pasang aksi buat motret. Dasar ibu ma anak sama narsisnya. Ya namanya juga turunan. Bukannya buah jatuh ga jauh dari pohonnya. Like mother ya like daughter… Ya ak baru sadar ya, jarang banget ngabisin waktu buat mama, Cuma beberapa jam tapi maknanya bisa gede kan… bener2 anak yang egois, Cuma mikirin happyny sendiri aja…Mama emang hebat, dia ga ngeluh..Ngerti banget…Saluuuuuuuuuuuut… Love u Mam.. kapan2 kita jalan bareng lagi ya…..






NB: ni pose2 saat jalan2 ma Mama.. dengan gaya nya yang semangat banget buat belanja, nyobain kacamata2 lucu(yang pasti cuma buat poto2 doang, belinya ngga) buat mba yang jaga: piss ya mba!!

Pyuuuuuuh… Leganya…

4 komentar
Finally… dengan banyak dorongan dari temen2 blogger (Makasi banyak!! Maaf bikin repot)….akhirnya ak beraniin diri buat Sms Maria.. ga tau, belum berani buat langsung nelp ke dia …. Intinya di sms itu ak minta maaf ma dia karena lupa birthdaynya, jujur juga ak bilang ak bahkan bersikap egois dan ga peduli.. Mungkin kelewat cape dengan tuntutan kerjaan yang nyita waktu dan sibuk nata kehidupan sendiri… Sms ak kirim sambil nunggu reaksi maria gimana.. You know what??? Kita saling jujur.. dia juga bilang sebenarnya kecewa tapi dia udah maafin ak.. Senangnya.. Ak lega…
Ni smsnya Maria : “Ga papa Ega, ak ngerti sekarang kt udah melihat kenyataan hidup yang bener2 ga mudah dengan umur yang udah segini..Ak juga cm butuh doa km, sekalipun telat..Makasi Sahabatku”.

Garis bawahi ya Sahabatku. Dia masih menyebutku sahabat yang sebenernya ak ga pantes disebut sahabat dengan keegoisan yang ak lakukan. Ak malu, dia bisa sebegitu bijaknya dalam menjalani hubungan persahabatan ini. Ah bodohnya ak kalau sampai kehilangan ‘peri kalem baik hati’. Padahal Maria orang yang pertama kali nyambut ak di kota ‘Semarang’ saat ak ga punya siapa2 dsana, dia yang ngingetin ak untuk terus kuliah, yang nemenin ak ujian Skripsi….yang nampung ak saat pengen liburan lagi keSemarang.. waduuuuuuuuuh makin ngerasa bersalah ma Maria.. tapi janji ak satu : Ak ga bakal mau kehilangan sahabatku…Untuk itu sumpah ak bakal jaga persahabatan ak dengan dia… Ok kan Mar???? Semoga….