Senin, Oktober 19, 2009

belum apa - apa

15 komentar
Kalimat yang bilang "jangan tanyakan pada negara apa yang telah negara perbuat untukmu, tapi tanyakan pada dirimu apa yang telah kamu buat untuk negara" rasa - rasanya harus diubah.... bagusnya "Tanyakan pada negara dan dirimu apa yang telah sama - sama kalian perbuat untuk kepentingan bersama". Mungkin itu lebih tepat. Kemarin ak ngerasa ga bisa berbuat banyak, ga pernah melakukan something yang besar yang bisa membuat perbedaan.. yang berpengaruh pada bangsa dan lain - lain lah.. ngerasa NOTHING.....

Awalnya dimintain tolong untuk jadi moderator buat penyuluhan UMKM didepan para usahawan yang pada umumnya bekerja sebagai nelayan. Intinya ak harus mastiin kepada mereka betapa pentingnya UMKM untuk dikembangkan dan bagaimana cara mudah buat mendapatkan modal....


Awalnya sempat bingung, karena mang ngerasa belum terlalu nguasain bahannya.. apalagi yang dihadapi yang kemungkinan besar umurnya jauuuuuuuh lebih tua dari ak, takutnya mereka merasa ak nya menggurui... padahal ak kan mang bu guru hehehe.. apa sih Ga...

Alhamdulillahnya mereka menyimak dengan seksama apa yang ak jelasin, ga sia2 perjalanan jauh hampir 2 jam ke tempat mereka... kesan pertama aja udah ga enak, listrik lum ada.. padahal presentasinya di kantor kecamatan... what??? sebegitu parahkah Indonesiaku.. hari gini listrik lum masuk.... trus pas sesi pertanyaan, hasil yang ak dapat jauh lebih miris...

mulai dari ketidakmengertian mereka tentang proposal kredit, bahkan sampe namanya Bank aja sebagian dari mereka ga pernah masuk.. ketakutan2 mereka akan Bank yang sungguh lugu, ntah orang mana yang sok kasi tau betapa menakutkan nya Bank itu... bahkan mereka lebih percaya dengan minjem di rentenir... lum lagi pola hidup mereka yang 'hidup hanya untuk hari ini'... wah ak makin ngerasa lum bisa buat apa2 untuk negara, untuk orang lain.. ternyata ak sama sekali ga buka mata... ak pikir udah ga ada lagi org2 yang masih hidup dengan kondisi ini... mungkin ak kelewat dmanjakan dengan fasilitas kota yang serba ada.. sampe2 lupa lihat sekeliling... atau terdoktrin sinetron, yang orang2nya hidup makmur semua.....

belum lagi mereka cerita pernah mencoba mampir ke Bank dan ga dapat sambutan hangat... sedih.. miris... bukannya bank sifatnya melayani ya... kalo lembaga yang dipercaya aja bersikap begitu gimana mereka mau mengadu?? meminta tolong?? segala sesuatu harus dinilai dari luar ternyata.. kalo berdasi, mari kemari, walaupun itu koruptor sekalipun.. tapi yang cenderung biasa2 aja... siapa kamu.... wah!!

Mau ga mau mereka ke rentenir yang justru memberi senyum sambutan... memberikan ketenangan... walau di akhir menyiksa dengan membabi buta...

Toh pada akhir diskusi, walau mereka puas dengan penjelasan ak, hanya saja ngerasa ternyata ak masih miskin ilmu.. ga bisa kasi banyak ke orang lain, ga punya kepedulian... mulai dari sekarang mungkin harus lebih banyak lihat sekeliling... dan pemerintah yang baru ni: Ayo dong gerak!! sama - sama kita.....

Jumat, Oktober 16, 2009

Menuju jalan yang benar

9 komentar
judulnya bukan ny ak lagi tersesat tak berujung... bukan.. cuma rasa2nya udah agak melenceng dari yang seharusnya.... gini, commentnya temenku di fb yang buat ak mikir.. gara2 nulis dstatus melulu pulang sore karna banyak kerjaan.. Novi, temenku itu bilang 'sebenernya km tu kerjaannya apaan sih Ga?? Bu guru kaya'ny repot banget'....

pertanyaan yang sama sekarang juga nyapa ak... dari diri sendiri.. iya juga ya.. udah 2 bulan terakhir direpotkan dengan kegiatan diluar jam ngajar.. ga jauh2 sih sebenernya.. masih ada hubunganny dengan sekolah.. sibuk nyiapin proposal dan proses pembelian barang2 praktik bantuan dari pusat..

ini nyita waktu banget... arrrrrrrrgh.. cape.. sampe2 jam ngajar jadi korban.. mungkin murid2ku seneng gurunya ga masuk (yah mengingat masa lalu..saat guru tidak masuk adalah saat2 berada di surga dunia... halah lebay mode on :)

tapi, rasa2ny ada yang ganjel di ati.. tanggung jawab moral.. yup!! itu yang sekarang nyangkut di pikiran... ga enak ma mereka2 yang bener2 mo belajar.... mulai ngerasa ga sepenuh hati.. dulu, ngerasa deket banget ma muridk2ku.. skrg kok ngerasa ga banyak waktu dengan mereka ya.. sulit ngenalin sifat mereka...

paling2 ngobrol seringny ya lewat fb.. saling bales comment... itu juga tengah malem... sungguh tak wajar hehe...



PNS.... Akankah?hmm....

ni udah masuk bulan oktober, bakal ada penerimaan gede2an dprovinsiku.. nah baru2 ini Depag buka, walo ga semangat dan pesimis, tapi yah harus dicoba dulu.. itung2 nyenengin mama, kalo anakny ga putus asa.. padahal tiung2 nih pusing....

nah karena ak bukan lulusan dari Pendidikan, ak harus ambil yang bagian teknisnya... sayang sih sebenernya udah 3 taun ini jadi guru.. rasa2nya kok berat ya harus ambil teknis... akta IV sih ada, tapi ya itu tadi setiap ada pembukaan ga pernah berani ambil lowongan guru.. kok jadi ngga jelas gini.. umur segini masih bingung nentuin sikap...

Mungkin masih ada rasa pengen nyoba yang laen.. toh ak kan bukan lulusan guru.. tapi kalo liat wajah2 malaikat tapi kelakuan monster itu alias murid2ku hehe rasa2nya pengen jadi guru aja.. tau deh... kayany perlu sholat istikharah... hihi aneh.. sok ngerasa bingung, lulus administrasi aja belum tentu Ega..

Ngajar kembali

minggu ini rasa2ny urusan udah beres... back to ngajar lagi.. moga2 aja ngga keganggu lagi.. beneran, pengen balik ke kelas lagi, jelasin ke anak2 lagi materi, senyam senyum lagi bareng mereka... naik darah lagi... tertawa lagi... emosi lagi... loh2 ini kerjaan guru atau hehe..... dah ah.. kepanjangan

Minggu, Oktober 04, 2009

Gila Bola

10 komentar
Banyak yang nanya ma ak, seberapa cinta nya ak ma bola?? cinta mati jawabnya.... aneh kok cewe suka bola, itu yang biasanya mereka bilang... atau temen2 cewekku mikir 'kok bisa ya bola 1 biji direbutin ma 22 pemain??

awalnya ak juga ga peduli dengan yang namanya sepakbola.... mungkin sekedar ikut2an... ingat banget awal suka tahun 1998 pas musimnya piala dunia... rumah udah heboh, bapak ma adekku udah beli poster gede jadwal pertandingan, lum lagi beli cemilan yang disiapkan buat sebulan full dan yang ga nonton ga boleh ikut ngemil... sadis banget kan!!

nah tengah malem pada berisik, ak jadi ga bisa tidur makanya ikutan nonton, eh ternyata seru banget.. karena saat itu adekku suporternya Inggris, yah ikut2an deh tapi ga nyesel kok.. mang Inggris keren abis!!

alesan buat ak suka bola banyak, pengen jelasan atu2.. biar orang ga ngomong lagi kalo cewe suka pemain bola karena cakepnya pemain doang..... beeeeeeh hari gini?? ck..ck...
1. ok deh, dikit pengakuan dosa, awalnya mang karena cakepnya... tapi sekarang mah dah kagak.. kalo pemainnya jago dan asik maennya bisa jadi idola juga.... pemain pertama yang ak lihat ya itu si Aa Beckham... gila keren abis maennya... palagi kalo dia harus nendang bebas... jantung ikut deg2an.. ak nonton bola bisa kaya' nonton film loh, deg2an, senyum2 bahkan pernah nangis segala.. ya itu waktu si Aa Beckham diganjar kartu merah di piala dunia pas lawan Argentina... until now, i hate argentina team,..... padahal beckhamny mungkin dah bodo amat ya... hihihi namany juga fans....



2. Semangat teamnya yang keren abis... paling suka kalo nonton liga2 dunia.. team fav.ku ya MU.. ya gara2 aa beckham jg.. dulu kan dia MU tuh, walo dia pindah, tetap aja suka.. nah disana tuh keren semangat teamnya.. sebelum peluit akhir dibunyiin, ga ada kata nyerah.. keajaiban masih aja bisa terjadi... ada yang pernah nonton piala champion yang MU Vs Muenchen.... dari yang ketinggalan 1-0 eh MU bisa menang 2-1 di menit tambahan 91 dan 93 keren kan.. atau baru2 ini MU vs Manchester City.. 3-3 eh bisa menang 4-3 dimenit 95... nah itu yang ak tiru sekarang.. Ga bakal nyerah dengan apa yang ak pengen... selagi masih ada nafas hajarrrr bleh!!





3. pergaulan... ak harus tau bola, karena temen2ku pada laki semua... mungkin karena mereka udah ga nganggep ak cewe, kadang dibiarin aja gitu pengo ga tau apa2, sementara mereka ngomong2in istilah bola yang bikin ak puyeng... nah sekarang ak bisa ngomentarin saat mereka bilang 'Juve keren ya maennya semalem'.. ak bisa nyamber 'halah, menang juga karena penalti... del piero jago banget diving nya'...
keren kan sodara2? hehe


buat temen2 ku yang ga suka bola tapi suka aneh komentarnya.. nih ak mo ngomong:

nah cukup ak denger pikiran aneh temen2 cewe ku... ga perlu bingung kenapa 22 pemain ngerebutin 1 bola, jangan bilang mereka aneh...Mereka lagi berjuang sama2 menuju kemenangan, dan ga bakal nyerah mpe peluit panjang dibunyikan... mereka lagi menampilkan apa yang terbaik buat mereka, team, dan semua yang udah mendukung mereka...

jangan bilang CR 7 eh CR 9 dibayar mahal karena cakepnya dia... kalo ga tau mendingan diem dulu... dia bukan pemaen sinetron yang hanya jual tampang trus bisa dapet peran utama.. ga tau ya kalo dia pernah cetak 33 gol dalam 1 musim padahal bukan striker?? tau striker ga kawan??

dan bikin sebel gaya banget pake baju bola dan nyombong2in ke ak.. trus pas dkafe ngomong keras2 ini apa lawan apa ya ? MU Lawan Inggris ya?? what??? tau ga kalo Inggris itu negara dan MU itu bagian dari Liga Inggris?? please deh

nah jangan bilang juga Ega aneh masa cewe suka bola.. hari gini?? ini ni yang buat perempuan sering dibeda2in, kadang kita juga para cewe yang suka ngebedain diri kita dengan cowo.. gitu bilangnya emansipasi.. ga tau apa ak udah banyak tau soal bola.... pyuuuuuuuuuuh