Jumat, November 27, 2009

Rindu yang teramat menggila

10 komentar

Takbir bertalu2 lagi.. lagi.. dan lagi.... Tepat jam 6.30 ak udah siap2 buat berangkat sholat idul adha... kali ini tak ada teriakan minta tolong, kali ini ak tak dibuat repot.. tapi sungguh Allah, seandainya saja ak diberi keistimewaan, ak ingin dibuat repot, sekali lagi oleh dia....

'Kak, kain songket bapak bagusnya warna apa??'
'hmm.. orange...'
'kakak ni apalah, kan baju bapak warna merah... (merungut2 khas melayu... tak lama dia tersenyum, ak pun tersenyum, tentunya ak bergurau.. karna orange kan warna fav ku)

'Bapak, gantilah, tak cantik pakai kain songket tu...' (tak banyak protes, langsung ia ganti.. baginya penampilan tetap yang utama.. nak sempurna lah pulak itu katanya, masih dalam logat melayu yang khas)

'Mana syal arab bapak kak??'
'Syal nidji lah pak'
'hai, dah berubah name ke?? tak baguslah namanya'

Pagi raya selalu dibuat sibuk olehnya... ak yang mengurus keperluan penampilannya, mama sibuk berberes di dapur untuk keperluan perutnya... bisa ngamuk dia kalo pulang2 dari sholat ketupat belum terhidang.....

Tapi kali ini, mama bisa sedikit santai, ak hanya tinggal menunggu untuk sholat ied bersama... tapi, ak yakin mama pun menginginkan hal yang sama, ingin dibuat sibuk olehnya.....


Bapak, kali ini ega hanya ingin bercerita... sholat ied kali ini tak lagi sama.. mama tak bikin heboh didapur, ega mandi lebih cepat, dedek malah baru pulang di pagi ied.. (hal yang tak mungkin dia lakukan kalau bapak ada dirumah)
rumah tampak sama saja, tapi suasananya sungguh berubah... ruang tempat bapak sholat, tak lagi dipakai untuk sholat, semua sholat dkamar masing2.. sekarang jadi ruang bermain cucu2 bapak....

Bapak, meja makan jarang sekali terhidang rapi... ya kalau makan, ambil sendiri aja... pencuci tangan jarang dipakai lagi, ya cuci tangan dkamar mandi aja....
Bapak, ega sering sekali tertidur disore hari (dulu ega tak berani lakukan itu), ega tau mama sedih, banyak yang berubah saat bapak tak ada.... mau minta maaf rasanya hanya terdengar basa basi.....

Bapak, ega rindu kita bertukar cerita, tak perduli dimeja makan, diteras rumah, koridor rumah sakit, kantin rumah sakit, kedai kopi, bahkan dijalan raya....
Ega rindu sapaan bapak dkamar : 'Kak, yok temanin bapak makan'... tak lagi ada yang mengajak ega seperti itu....

'Kak, yok sholat berjamaah....' tak ada lagi yang mengajak ega.... Mama tak biasa melakukannya.. hanya Bapak.....

Ega tadi menatap kamar bapak.. ega rindu melihat bapak merapikan baju kurung bapak, lengkap dengan kain songket dan syal arab bapak...'
'necis tidak bapak kak??, itu yang bapak tanya...
'bapaklah ega pula, pasti keren lah...'
'boleh lah sedikit temberang bapak ni.. hehehe.. bapak tertawa sumbang... tawa yang sungguh ingin ega dengar sekarang.....

semua berubah... 2 tahun lewat, tak merubah rasa rindu ega... rindu yang teramat menggila... kini, langkah kaki kami menuju makammu... ega, mama, dedek, abang, cucu... semua hadir... bacaan doa untukmu kami berikan...

ada 1 yang tak berubah bapak... rindu kami... sayang kami... cinta kami.... kasih kami.. padamu.. masih..masih.... dan masih teramat menggila.......



Senin, November 23, 2009

Makasi Pak, Bu!!

9 komentar



Upacara kali ini ga seperti biasanya... ada something special kata orang2 dbarat sana... yup!! hari ini ak dan keluarga besar sekolahku menyambut Hari Ulangtahun Guru2 Indonesia, lebih tepatnya sih ulangtahun PGRI.. sebenarnya sih jatuhnya tanggal 25 November 2009, mengingat tanggal segitu dikotaku ada tes cpns dan sekolah libur, maka perayaannya dimajukan jadi hari ini....

Sebenernya ada yang mengusik nurani kecilku paling dalem... entahlah, moment tadi terasa menyenangkan sekaligus mengaduk2 perasan ak... Ak bangga jadi Bu Guru.. ak bangga bisa nyalurin ilmu ak buat mereka!! sungguh...

Tapi, tanggal 25 nanti, ak ikut ujian cpns yang bukan bidang guru, karena kelulusan ku bukan dari kependidikan... walaupun sebenarnya ak udah punya akta IV, ak juga pengen ikut tes sesuai jurusan ak... makanya pas perayaan tadi, hanya mikir (dengan gaya yakin lulus tes hehehe) kalo nanti ak lulus, apa ak sanggup ninggalin pekerjaan sebagai GURU... ak seneng lihat wajah2 polos yang terkadang kelakuan nya bisa kaya' setan.. itu kataku pada murid2ku.. ak seneng bisa dengerin mereka cerita apa aja ama ak...

Janji : Seandainya nanti ak ternyata lum dkasi kesempatan buat lulus cpns (doain dong moga2 lulus :)) maka, ak yakin banget guru adalah jalan ak... jadi tahun depan ikut tesnya jadi guru deh....


Jadi guru membuat ak belajar banyak... ak jauuuuuuuh lebih dewasa, paling ga ak ngerasa jauh lebih bertanggung jawab.. ak juga mulai ngerasa ga egois lagi.. ak mulai bisa bisa bener2 bahagia untuk orang lain, sekaligus bener2 cemas untuk orang lain.. ak ga emosi lagi, ak bisa bangun pagi, ak ga suka marah marah lagi, yang jelas jadi guru buat ak dapatin banyak hal.... 1 lagi : ak paling suka saat pagi hari, kala mereka bilang 'Selamat Pagi, Bu'... entahlah ak ngerasanya bisa jalanin hari itu baik - baik saja.....

Kesempatan kali ini, ak juga pengen bilang ma guru2 sd (ak ga TK), SMP, SMA, Plus Dosen2 kampusku... selamat hari guru Pak, Bu!! makasih untuk semuanya.. jasa kalian luar biasa buat ak.. akhirnya ak bisa ngerasain apa yang kalian rasakan saat ini... marah yang tidak benar2 marah.. peduli yang bener2 peduli... hountoni arigatou!!

Dan kalian monster2 kecil ak... ini ada sebait kisah untuk kalian...

Pagi ini lain dari biasanya....
terasa malas untuk melangkah... maka terpaksa kaki ini kuseret - seret...
Matahari ku rasakan tak seindah biasanya..
Udara pagi tak terasa nyaman menyapa..
Intinya ak tak menikmati pagi ini!!

Tapi, sesampai saja ak dipagar itu.. pagar tanggung jawabku...
Kalian menyapa...
'Selamat pagi, Bu'.. seulas senyum ak berikan untuk kalian...
tak perlu kalian tahu yang berkecamuk di benakku...
Sapaan lain menyapa.. 'Udah sarapan, Bu??'...
Belum sempat duduk dengan beres kalian datang kembali...
'Bu, tugas yang ini saya bingung..nanti ibu masuk jelasin lagi ya..'
'Bu, kita jadi presentasi kan...'

Saat itu nak, entah kenapa.. ak bisa senyum yang bener2 senyum....
rasa dibutuhkan buat ak bahagia....
ak tau hari itu 'ak akan baik - baik saja...'

Note : Selamat hari guru untuk bapak ibu guru yang ada di Indonesia... terimakasih karena kalian telah mendidik anak2 bangsa... semangat.. chaiyo... ganbate!!



Jumat, November 20, 2009

Garuda di dadaku....

13 komentar
Tadi pas jam makan siang, lihat berita hakim yang nangis ngebacain vonis buat nenerk yang nyuri coklat buat cucunya.. dan dipenjara 1.5 bulan....
Ya memang nyuri itu dosa, dan harus dihukum, tapi kenapa tu hakim bisa nangis??

yang pasti dia tahu, hukum di Indonesia super parah, dan dia bagian dari penegak hukum ga bisa berbuat apa2, mungkin frustasi... harus hukum nenek yang dia pikir toh urusan kaya gini bisa damai, tapi ternyata ngga, si nenek wajib masuk bui.. sementara kasus besar yang mutlak masuk prodeo eh malah bisa pake jalan damai....
Sungguh terlalu... its not fair.... huaaaaaaaaaaaaaaaaa



Hakim aja bisa nangis, apalagi rakyat bangsa ini...
sumpah ak muak nonton TV sekarang.. Anggodo ngga juga jadi tersangka... si susno duaji balik kerja lagi... tpf 8 ga fungsi (napa harus dibentuk kalo ga bisa ngapa2in), kerjaannya cuma ngundang mereka2 yang diduga keras bersalah.. malah seperti acara halal bihalal.. ya ialah cuma silaturrahmi.. hasilnya: NOTHING


Masalah negeri ini ga pernah beres... sang pemimpin tak lagi mempunyai taring yang kuat untuk mencengkeram... mungkin pikirnya ngapain cape2 toh ini periode akhir ak memimpin!
Apa perlu mahasiswa turun ke jalan lagi... seperti Soeharto mampu dibuat turun?? apa perlu pertumpahan darah lagi seperti peristiwa trisakti, tragedi semanggi, atau kali ini apa namanya tragedi anggodokah?? akankah???

Apa susahnya buat rakyat senang? toh kebusukan itu telah terbuka... apanya yang mau dibela?? Mungkin untuk melindungi diri sendiri.. satu kebohongan ditutupi kebohongan lainnya...

Kita kali ini dijajah.. tapi dengan bangsa sendiri, dengan petinggi yang harusnya jadi pelindung diri...
Kita cape, takutnya malah terbiasa dan berhati baja sehingga menjadi raja tega...

Jangan kawan.. kita generasi muda masih harus berteriak... Teriakkan Garuda di Dadaku.. tak hanya saat pertandingan bola saja.. teriakkan saja terus kawan biar memerah telinga2 mereka... biar tak bisa tidur tenang mereka.. batin tersiksa, biarkan mereka tersenyum tapi kita tahu hati mereka kecut....



Biarkan mereka membawanya mungkin sampai menutup mata.. tapi yakin lah Tuhan tidak tidur...... tak dapat didunia, azab akan dapat diakhirat...

ps: sungguh sedih dan miris hati anakmu ini ibu pertiwi.....

Kamis, November 19, 2009

kamu ya kamu....

6 komentar

gini ni, kalo mau buat postingan tentang km ga pernah bisa... tiba2 buntu buat nulis, ngerasa kata2 yang udah tersusun di kepala, tiba2 menguap... tangan kaku buat ngetik... parah ya km bisa bikin ak kaya gini... ini cinta....

Ak tau km pinter, tapi jangan suka nyombong... tapi anehnya kesombongan km malah bikin ak senyum senyum..ak yakin itu cinta....

Ak sedih kemaren, nangis sejadi2nya... km diem aja saat itu, tapi km ga ninggalin ak.. ak nyaman sekali... hmm... itu cinta kan....

Kita makan malem.. ak pesan tenderloin steak dan frappucino... km ganti minuman ak dengan orange jus.. km cm bilang 'tadi pagi km udah minum kopi'.. ak ga bisa marah ma km... ya ya itu cinta...

Ak diemin km, sebel, skripsi km terbengkalai kebanyakan maen.. ak asik2ny tidur siang, km malah bangunin buat ke perpustakaan... walaupun sebel ak tetep nemenin.. suka liat ekspresi km diperpus... cinta kan...



ak pacaran ma temen kita.. km ga protes, tapi sering ganggu... kelewat ganggu malah... dan anehnya ak suka terganggu...ak yakin ak cinta ma km....

2 bulan doang ak pacaran.. km cuma senyum2 pas tau ak putus, ak marah.. ya gimanapun kan ak sedih.... eh malemny km mampir, kasi coklat.. km bilang 'makan gih, tapi besok wajib senyum'... ak tau ak putus karena ga cinta ma dia, ya ma km lah....

saat kita wisuda, ak ga bisa sering2 sama km.. ada dia yang nemenin km.. dia yang setia 4 taun bareng km... tapi tiba2 ada yang nyodorin minum buat ak.. katany dari km.. heran masih aja perhatian.... sakit sebenernya... tapi ak cinta ma km....

Ak pulang ke kota ku.. ke tempat mereka yang membesarkan ak...sumpah!! ak sedih, apalagi saat km meluk ak... huh!! perasaan ini, cinta namanya...

setaun pisah, saat ak kembali lagi ke kota penuh kenangan kita.. km ga bisa lama2 nemuin ak... toh ak hanya transit di kotamu... 2 jam rasanya tak terlupakan... apalagi km memakai kaos orange warna fav ku.... sengaja katamu... biar ak happy.... aduh ternyata masih cinta ma kamu...

Sampai saat ini toh rasanya ga pernah ilang... 7 taun mendem cinta ma km.... katanya si masiv, cinta dalam diam.. yah karena kita cuma sahabat... ak pengen seperti lagu zigaz sahabat jadi cinta.... tapi sumpah mampus ak takut bilang ke kamu, takut semuanya berubah.....

bodoh ya.. ya ia... tapi ya sudah.. yang penting, ak ada buat km, km juga... ak tau km pasti ngerti kalo ak cinta ma km.... km kan pinter... ak yakin km atau ak cuma mau ini selamanya.... jadi sahabat pilihan yang terbaik bukan??

ya ya ak sahabat km.. tapi ak cinta ma km!! titik


Minggu, November 15, 2009

kaya'ny ga gitu deh.. but okay!!

5 komentar
seberapa jauh sih km ngenal diri kamu sendiri?? ak mah ngerasa kadang nih ya ga ngerti apa maunya ak, malah orang2 sekitar justru ngerasa seolah2 paling kenal ak.. pernah saat ak cuma duduk bengong tiba2 temenku datengin trus bilang "Ada masalah apa Ga, ga biasany km sedih gitu.. cerita gih" ak bilang ga da papa.. eh dia ny lanjutin "ya udah kalo ga mau cerita gapapa.. tapi jangan berlarut2 ya de... lebih bagus kalo km mau sharing" Hah?? padahal beneran kaga ada apa2.. cuma bengong doang.. apa muka terlalu berekspresi ya.. but itu tanda perhatian mereka.. arigatou!!

cuma kadang ngerasa sulit definisiin diri sendiri kaya' apa.. ada yang bilang 'Nih Ega rajin banget..' tapi ada juga yang lain bilang 'Ampun deh Ga, sifat malasnya diilangin deh".. lah mana yang bener coba.. cuman ak kan yang tau hehe.. tapi mereka kadang merasa lebih tau.. sekali lagi arigatou.. berarti itu tandany mereka perduli ma ak


Menurut ak yang paling tau diri ak sendiri ya adalah ak.. cuma kenapa kadang justru orang lain yang ngerasa lebih kenal kita ya ga lain karena pembawaan kita.. sometimes mungkin aja pembawaan diri kita memperlihatkan bukan diri kita yang sebenernya.. bisa jadi kan..

seolah2 membawa dua kepribadian yang berbeda.. kata temenku sih 'pake topeng'. Tapi menurut ak sih ga gitu.. bisa jadi hanya ingin diterima di lingkungan sekitar aja.. atau mau ga mau harus begitu ya biar ga ngelawan arus.. makany kadang penilaian orang bisa beda2 tentang kita....

kalo ak sih penilaian yang paling penting adalah orang2 yang disekitar ak, yang bikin ak nyaman di dekat mereka, karena itu membuat ak menjadi pribadi yang ak ini...
jadi kalo ada yang bilang 'Ya ampun Ga.. lebih rapi dikit napa' atau 'Jangan kelewat cuek napa' atau 'ngopi mulu sih'.. Percaya deh mereka kenal banget ma ak..
:)

tapi kalo ada yang bilang 'Udahlah Ga, ga usah serius2 banget'.. 'Mukanya tuh hobi banget cemberut' 'nah Ega bisa diandalkan deh, rajin'.. yakin deh saat itu ak mungkin hanya menjadi pribadi yang mereka suka.. bukan pake topeng semata2 ingin diakui keberadaannya..

kalo kata orang jadi diri km sendiri.. yup bener.. tapi ga selamanya kita bener2 jadi diri sendiri.. entahlah kadang ngerasa itu egois aja... bagaimana dengan km??