Senin, Oktober 31, 2011

Andai Mereka Tau.....

13 komentar
Postingan Pagi!! Ya.. Jarang2 banget saya nge blog di pagi hari tepatnya jam 07.20 pagi.. dan disekolah pula... Ini semua karena pagi ini sekolah saya ga belajar karena ada pembagian rapot mid semester... yah makanya bisa santai2 aja...

Dan disaat ruang majelis guru lagi rame ngebahas masalah format penilaian yang seharusnya ga diribetin.. Gimana ngga... Formatnya udah jadi, tinggal diisi... mo protes juga percuma, toh ga bakal diubah :), maka saya seperti biasa perlahan2 kabur dan duduk di meja saya yang Alhamdulillah banget letaknya di sudut.. dan status saya : Aman!! hehehehehehe.......Mari nge blog!!

Kalo kawan2 blogger liat kotak sebelah kanan blog saya, disana ada tertera umur saya yang 27 sekian bulan.... dan saya ga ngerasa umur segitu hihihi....

Saya masih banyak minusnya dengan kelakuan ala abg... 

Kadang, saya pikir : Kak Ega, kamu tuh guru, dewasa dikit napa!!

Hahaha.. saya sebenarnya ga separah itu.. Saya ngerasa saya punya 2 kepribadian... Kak Ega yang dilihat di sekolah beda banget kalo udah keluar dari pagar sekolah... ya ya ya ya.. Manusia kan butuh yang namanya adaptasi ma lingkungannya... 

Kasus 1 misalnya soal kebersihan...... 
Kalo di sekolah, ngeliat sampah dikit saya langsung minta murid2 buat bersihin.... Apalagi kalo giliran saya yang piket : Jam 6.25 pagi saya udah ada di sekolah... dan beres2 pun dimulai... 
Tapi ya saya agak tertekan juga.. karena dirumah.. jujur ya, megang sapu aja saya jarang... bukan karena dirumah serba ada pembantu... hahahahaha... saya ga sekaya itu kawan... 

Emang saya kurang suka bersih - bersih... orang rumah saya mungkin udah tarik nafas dengan itu semua... Tapi saya juga konsekuensi dengan apa yang saya lakukan... Maksudnya kalo saya ga suka bersih2, ya saya ga boleh berantakin rumah... dan emang itu yang saya lakukan...

Hanya kamar saya yang seperti kapal pecah.... Saya sering beresin juga kok.. tapi ya itu, hanya bertahan 2 hari.... Dan bayangin aja kalo rekan2 skul saya ngeliat kamar saya... Mereka bakal bilang : Bukan.. ini bukan mega yang kami kenal.... Mega yang ini upnormal hehehe.....

Second case... Rekan kerja saya mungkin ga bakal nyangka kalo saya nih abg banget... Tiap harinya di kamar tercinta saya, saya punya kegiatan rutin : ngecek kondisi2 dvd saya.. dan ngecek lappy saya.. Desktop lappy saya full gambar2 idola saya.... hahaha... akhir - akhir ini gambar si Oppa Leeteuk Suju yang setia nemanin hari2 saya....

Semangat Pagi...... Semangat Suju....!!

Saya ngefans nya pake banget2... mpe rela beli segala yang berhubungan dengan Suju... walo harganya cukup tinggi... Kalo mereka yang saya sebut rekan rekan seprofesi tau... lagi lagi mereka bakal ngira kalo Saya kerasukan arwah abg :)

Sabtu, Oktober 22, 2011

Pengalaman Pertama : Jadi Pembina Upacara

31 komentar
Aloha sebelumnya!! Happy weekend!

Kali ini saya pengen cerita tentang sekolah saya.. Kerjaan yang selama ini ga pernah saya bayangkan bakal kejadian dalam hidup saya : GURU.....

Well, walaupun garis keturunan... halah.. laga'nya udah kaya keratonan hehe... dari keluarga saya banyak yang jadi guru, saya ga pernah kepikiran untuk ngikutin jejak mereka.... Tapi ya apa daya,  buah jatuh ga jauh dari pohonnya.... dan mendaratlah saya di SMK  tercinta ini.....

Saya pada dasarnya memang orang yang suka banget cerita.. bisa berjam2 lamanya... Bahkan temen2 saya sering bilang "kalo dengar resume film dari Kak Ega lebih enak daripada nontonnya" hihihi berarti saya membuat mereka berimaginasi lebih tinggi bukan..... beeeh bahasanya hehe.....

Tapi tetap aja ya, sejago - jagonya saya cerita... giliran saya harus ngomong di depan orang banyak.... walopun masi skala sekolah.... tetap aja saya groginya minta ampun....
Bermula saya kaget pas ternyata ada nama saya di Jadwal Upacara sebagai pembina Upacara.... weitsss.. nanti dulu.... Kalo di kelas mah saya udah biasa ngomong......Mengingat saat itu Tahun 2007 saya baru pertama kali ngajar dan saya baru aja 4 bulan disana....Whuaaaaaaa... Saya Panik!!!

Tapi ini di lapangan, didepan seluruh murid... di dengarkan sama semua Majelis guru plus Kepsek.. yang jelas2 notabene lebih tua dari saya.... Siapalah saya.. Anak bau kencur... Lantas mo ngomong apa saya?? udah pantes ga nasehatin orang?? Maka Kepercayaan diri yang selama ini ada... Hancur berantakan... dan saya harus membangunnya keping demi keping...
*keselek dengan perbendaharaan bahasa saya yang makin kacau*

 kira2 beginilah suasana saat upacara pada waktu itu....


 dan barisan ini yang bikin keder saya... hehehe....


Saatnya narsis.... Saya yang paling cantik hehehehe.....

Jadinya... Weekend kali itu sama sekali ga indah.... Malem minggu saya jadi ancur karena saya udah pusing mikirin hari seninnya bakal gimana.... Dan saya setuju dengan kalimat "i hate Monday" yeah.. I hate....
Saya sibuk buat list apa aja yang bakal saya sampaikan nantinya..... Saya ngelatih diri saya di depan cermin.... Hahahahaah!! Saya Norak......

Janji deh!! Lupa..Cape' deh!!

4 komentar
Kali ini saya pengen nge-posting.. maksa amat yak bahasanya.. ah sudahlah... Intinya pengen nulis tentang keseharian saya aja.. yang saya rasa banyak banget kejadian yang sama dialami sama kawan2 blogger juga... trus ngapain nge-post coba.... Kadang hal2 kecil sering banget kita abaikan, sampe pada akhirnya kejadian sesuatu baru deh kita nyadar.. iya ga sih....

Contoh kecil yang pengen kita bahas gini aja.... Sering ga sih??  sekali lagi saya tekanin pake kata sering bukan pernah.... Kita ngelanggar janji yang kita buat sama diri kita sendiri.... Kalo saya sering!! mungkin karena ini janji sama diri sendiri.. ngelanggar ga bakal ada yang marah... tapi efek buruknya baru ngerasain di depan.. 

Satu... Janji Diet..

2 bulan belakangan ini saya rajin banget diet... dan janji sama diri sendiri saya mo kurus!! Saya cape gendut bikin cepat lelah beraktifitas.... Well, 2 bulan ok!! saya turun 8 kg... Puasa dateng, Lebaran mampir.. Alhasil program diet kacau balau karena pola makan berubah... dan saya ga bisa ngerem pengen makan kue lebaran..... Come on.. toh setaun sekali pikir saya....

janji Kak Ega janji palsu... hiks..hiks...

Trus saya janji sama diri saya... bis lebaran diet lagi.... eh masih belum bisa... Ngomong lagi sama diri sendiri... ntar pas masuk kerja... Kerjaan numpuk, dan cape banget bikin saya malah sering ngemil... Sampe sekarang janji ma diri sendiri ga bisa saya tepatin... Alhasil naik 4 kilogram lagi.... udah mulai ga enak liat badan sendiri... Haiiiissssh!!!

Dua....Janji Bangun Pagi....

Walo saya Guru.. saya rada bermasalah bangun pagi.... Gimana ngga... Saya baru bisa mejamin mata kalo udah lewat jam 3 pagi.... Kelelawar mungkin udah ngamuk, karena saya ambil jatah eksis dirinya..... Saya Janji kalo saya mo tidur lebih cepat...

 Dan sampe sekarang ga pernah kesampaian... Yang ada saking takut kesiangan kerja... Saya suka maksa melekin mata mpe pagi.. Pulang ngajar baru tidur.... Awal2 ga ada masalah....Akhir2 ini makin sering sakit kepala.... Nah bikin susah diri sendiri kan.....


Senin, Oktober 17, 2011

Sisi ga biasa yang saya lihat

12 komentar
Tajuk Berita "Kepala Istri dihantam Kapak 2.5 kg hingga tewas"


Apa yang ada di benak kawan2 blogger saat membaca tagline berita di atas?? 
Mungkin kebanyakan dari kita... dan saya tentunya... cuma bisa bilang "Suami gila"

Kok tega ngebunuh istri dengan sadisnya.... selama ini, kalo saya denger atau baca berita tentang seperti ini saya cuma bisa bilang 'kok ada ya manusia ga punya hati kaya' begitu'

Hanya saja.. kemaren.. berbeda sekali... saat saya melihat dari sisi si kriminal...
Ceritanya gini.. Ada tetangga saya yang ngebunuh istrinya sesuai dengan tagline diatas... Jujur, saya kaget!! teramat sangat.. karena selama ini, tetangga saya sangat ramah dan baik sama siapa saja.. tapi kenapa dia bisa ngelakuin peristiwa sadis itu ya?? Saya ga habis pikir....

Terlebih lagi.. Saat jenazah tetangga saya selesai dimandikan... Anak2nya meminta Ayahnya yang sedang ditahan di Kantor Polisi untuk bisa nemuin mamanya buat terakhir kalinya... 
Saat itu saya berpikir "Untuk apa mereka anak2nya meminta Papanya yang jelas2 ngebunuh si Mama buat hadir? Ga dendamkah mereka dengan Papanya? Bukankah si Papa yang buat mereka jadi anak Piatu??"


Mungkin saja bentuk hati di kisah
 si Om dan Tante sudah tak lagi sempurna....

Hati saya saat itu dag dig dug.. sekaligus penasaran.. Apa reaksi si anak saat Papanya nanti datang? Bagaimana reaksi keluarga dari Ibu mereka? Dan tentunya bagaimana reaksi warga?? Saat si bersalah harus hadir di depan mereka.... bakal huru hara kah??
Maka.. saya bertahan disana... saya penasaran... saya pengen lihat....

Yang bikin saya makin bingung... dan aneh.... ternyata reaksinya ga seperti yang saya duga... Saat si Om (saya biasanya memanggil dengan Om) datang.... semua warga hanya terdiam... Saya hanya bisa menatap wajah si Om dalam2... Rasanya ga mungkin.... orang yang didepan saya ini, yang biasanya selalu menyapa tetangganya dengan ramah sekarang punya "Cap Pembunuh dengan borgol di tangannya"

Hati saya saat itu jadi perih... entah kenapa.. Mata si Om seperti bicara lain.. ada yang tertahan disana.... Saat si anak menghampiri Papanya, saat itu saya berpikir "Nah bakal heboh nih"... Tapi ternyata ngga.... Si anak hanya memegang wajah Papanya dan mengecup keningnya perlahan.... "Papa yang kuat ya disana".... Ah dasar saya cengeng.. air mata saya langsung mengalir......

Ketabahan apa yang dimiliki seorang anak saat harus menerima mamanya dipanggil Tuhan dengan cara tak biasa.. namun masih bisa memberi kasih untuk orang yang telah mebuat mamanya pergi....
Dan apa yang dipikirkan si Papa saat harus kembali lagi kerumah.. melihat wajah yang dulu menemani hidupnya terbujur kaku tak berdaya.. disebabkan oleh tangannya sendiri.... dan bagaimana hatinya berkecamuk mendapati seluruh tatapan mata warga padanya??? 

Sabtu, Oktober 08, 2011

Mama Papa.... Salah aku apa???

8 komentar
Sebenernya udah lama saya pengen postingan tentang anak2 yang jadi korban dari peceraian orangtuanya.... Tapi selalu aja gagal.. karena saya sendiri ngerasa.. apa pantes saya ngebahasnya?? saya belum nikah, dan rasanya saya terlalu ngejudge padahal saya sama sekali  ga punya pengalaman tentang rumah tangga.....

Tapi saya harus ngomong.... yah walau ga pernah ngerasain berumah tangga... eh salah.... belum ngerasain berumah tangga (kok saya jadi nyumpahin diri sendiri ga married yah... huh!!).. paling ga sebagai guru saya sering banget ngalamin kejadian anak2 yang bermasalah di sekolah saya karena keluarganya yang broken.....

Saat itu saya selalu ngerasa..... "Hidup mereka jauh lebih berat dari saya..... dengan usia mereka yang jauh lebih muda"... hiksssss.....

Sebagai contoh.... 
Baru2 ini siswa saya datang ke saya karena punya masalah sama mamanya.... Selama bertaun2 Siswa saya ini hidup bersama papa kandungnya.... Lantas si Papa nikah lagi, dan siswa saya diajak untuk tinggal dengan mamanya untuk ga ganggu kehidupan baru  Papanya.... Mamanya beralasan 'takut dengan ide cerita si mama tiri'

siapa yang menderita?? 

Karena udah lama banget sama hidup sama papanya dan baru mulai dengan mamanya... tentu aja siswa saya jadi canggung... bahkan untuk minta si mama buatin makanan kesukaannya aja dia ga berani.... Makanya siswa saya jadi iri banget ngeliat mamanya juga lebih mentingin Papa Tirinya.... 

Siswa saya bertanya sama saya "Ibu, saya sama sekali ga tau saya ini penting untuk siapa"... Lantas saat siswa    saya punya pacar dan dia ngerasa pacarnya luar biasa sayang sama dia.... maka dia rela ngasi apa aja.. termasuk beliin semua buat pacarnya sampe2 uang bulanan nya dikorbanin.... 

salah siapa??

Dan kita kemudian hanya memarahi siswa karena udah ngebohongin mamanya dengan nyalahin kepercayaan dan nilep uang bulanan.... Saat itu.. saya juga marah karena siswa saya bohong.... Tapi.. lihat kebelakang lagi.... "Seandainya saja si mama selalu ada dan kasitau mana yang baik dan benar, dia ga akan nyari kasi sayang diluar yang ternyata buruk untuk dia".... 

Kamis, Oktober 06, 2011

Nyontek yang lebih bagus?? sah2 saja lah

5 komentar
Aloha kawan blogger!! *standard opening*

Layaknya kalimat pembuka dalam surat2 yang ngehits di zaman dulu... Pa kabar kawan blogger?? sibuk ngapain aja?? baik2 sajakah?? kalo saya baik2 saja... semoga kalian begitu.... *bener2 standard*

Hari hari saya sekarang bener2 bisa ketebak..... mengingat murid2 saya sedang Prakerin (Praktik kerja Industri) di alam bebas sana a.k.a perusahaan2 yang dengan kerendahan hati menampung mereka selama 4 bulan... maka selama 4 bulan itu juga saya free ngajar dengan catatan gaji tetap jalan...*teriak2 sorak2 bergembira*

Dan sekarang saya sibuk banget..... sibuk ngenet hehehee... ya saya tetap ke sekolah juga.. gimanapun masih ada jam ngajar... buat mereka yang ga prakerin.. tapi dikiiiiiit banget... karena mayoritas jam ngajar saya kelas XI yang prakerin... 

Jadi lappy saya setia nemanin saya... dan saya dengan setia menggunakannya juga... browsing... nge blog.. download..... 
dan saya sekarang abg banget pokoknya... saya ngedownload lagu2,  variety show dari oppa2 Super Junior... ya saya demam K-POP... tapi bukan Super Juniornya yang saya pengen bahas... *malu sama umur*

Saya mulai nyari tahu tentang KPop dan Koreanya... Untuk j-pop, dorama, dan japanese... saya masih suka kok.. ini ga selingkuh, cuma nyari suasana baru aja.... yang lain teriak bodo' amat ga peduli :)

- Ga beda jauh sama dorama Japan.... Drama Korea sangat bangga sama budayanya.... saluuuuuuuuut :), gimana mereka ngerayain hari hari yang berhubungan dengan budayanya..  belum lagi soal keluarganya... budaya di tempat kerjanya...  

Fakta yang saya lakukan : 
Saya mungkin ga nyampe 10% tau tentang budaya saya.... saya cuma ngikut make baju kurung di hari sabtu.. saya bener2 ga tau bentuk baju kurung yang bener sesuai adat melayu tuh gimana.... Perayaan budaya melayu tuh apa aja... ah saya dangkal!!
Kalo nurut sesuai cerita ala KPop gimana yang muda ngehormatin yang senior sampe rela ngebuatin minum dikantor... nah itungannya saya yang muda di sekolah... Dan saya ga pernah buatin minum tuh buat yang lebih tua dari saya... Tapi untuk yang satu ini, hormatin ga harus dengan cara buatin minum kan?? hehe