Minggu, Februari 22, 2009

Hitam putihnya hidup

0 komentar
Beberapa hari ini banyak banget kejadian yang buat ak mikir. Di dunia ini, hitam putih hidup bisa sangat terlihat tapi juga kadang ngebingungin sehingga warnanya bisa aja jadi abu – abu. Ada beberapa peristiwa yang kerekam banget di ingatan ak, dan mudah-mudahan bisa jadikan hikmah tersendiri buat ak…..

1. Berawal di sore hari, saat ak pulang kerja, dirumah didatengin tamu yang dulunya orang yang beli nama CV bapak. Semenjak sakit, bapak jadi ga bisa efektif kerjanya, so CV nya dijual dan istirahat di rumah. Tamu itu ngejelasin bahwa dia ga tau kalau bapak udah meninggal (setahun yang lalu). Jadi saat di dengar beritanya, dia kaget, dan punya niat buat ngasi sesuatu untuk bapak. Dia ngasi duit buat bikin peristirahatan bapak jadi cantik. Ak ga nyangka aja, orang asing yang kenal cuma buat urusan bisnis bener2 ga bisa ngelupain budi bapak. Mama benar, bapak pergi ga pernah bikin kita susah, seolah – olah semuanya udah disiapkan. Bahkan untuk makamnya pun yang seharusnya jadi kewajiban kita anak – anaknya. I love u bapak, bener2 hero buat aku. I miss u so much. Hari itu ak liat lagi mama nangis. Tapi sebentar, ga papa.. moment untuk ingat bapak datang lagi. Kali ini aku biarkan toh ak juga langsung ingat lagi tentang bapak. Ternyata banyak yang sayang banget ma bapak.


2. Ini abu – abu banget buat ak. Orang yang harusnya jadi penegak kebenaran tanpa harus pakai seragam malah bikin coreng moreng dunia.
Ak bingung ngejelasin peristiwanya. Temenku ngelakuin kesalahan sama anak didiknya. Ya sedikit khilaf lah. Terus dilaporin ke wartawan. Kita sih ga masalah, kita hadapi sama – sama. Toh sekarang lagi trennya aja guru dilaporin ke polisi seolah – olah guru itu kriminal paling besar. Kadang lupa diberitakan kenapa guru ngelakuin itu ke murid – muridnya. Kesalahan murid tidak di lihat lagi, tak boleh tersentuh. Tau – tau wartawan itu datang katanya nih korannya bakal terbit, kalo ga bayar bakal diterbitkan. Dia udah cetak 100 eksemplar dan kita harus ganti rugi sebesar nilai 100 eksemplar kalo ga mau beritanya turun. What??????? Ak bingung, orang yang harusnya nyingkap fakta, malah jadi pemeras begini. Ada sih kejadian selanjutnya yang bikin ak makin shock. Ak bingung hidup di dunia mana. Ak ga bisa bersikap idealis lagi. Ga bisa buat banyak karna ga punya kekuatan.


Sekarang ini ak gak bisa maksain kehendak ak harus direalisasikan. Ak cuma bisa berharap semua bisa berada di jalurnya. Yang bener ya harus bener. Yang berusaha itu yang berhasil. Pengennya ni orang dapat jabatan karna pantes, bukan karena keluarganya sapa. Anak didik lulus karna pinter bukan karna lucky (ada kan anak yang lulus yang seharusnya ga pantes lulus, ini yang bikin sebel ma pmerintah, hanya hasil bukan proses!!!!). Tapi seringnya banyak ga sesuai jalur. Layaknya kereta, banyak yang jalan ga di relnya, akhirnya tabrakan. Kalo udah gini cuma bisa mengurut dada. Mudah – mudahan ak bukan orang yang terjebak di dalamnya. Pengen bisa dengan jelas memilah hitam dan putihnya hidup. I wish!!


Sabtu, Februari 14, 2009

valentine??? hmmm.. cuma pengen kopi!!

7 komentar
sekolah ku heboh!! valentine day dianggap keramat ma murid2ku.. lucu banget pada bawain coklat buat gurunya.. trus ada juga yang niat jualin coklat ke temennya yang pada pengen kasi ke 'temen spesial'. pas lagi ulangan, sempat2nya nanyain "bu, malem ini valentine an ke mana?' ma yang mio putih ya bu?" pokokny mah kalo jalan ma sapa gitu jangan mpe ketauan ma mereka.. bahaya!! namanya juga ABG!!
bagi ak sih valentine ga da yang spesial.. cuma moment sehari yang ga perlu diributin sana sini.. dan cuma budaya barat yang ak sendiri ga tau napa jadi fenomenal gitu.. tiap hari mah kasi sayang ma semua yang berarti buat kita..
trus ditanya mo kado apa??hmmmmm... cuma pengen kopi!!
akhir ini dengan kerjaan numpuk.. pengen banget minum minuman fav ak.. kopi, please!! pengennya nih, pulang kerja, mandi trus minum kopi pke gorengan.. duduk depan komp trus udah deh ngenet.. indah dunia deh!! katanya fauzi baadila nih "AJIB". Sugesti aja nih.. kalo dah minum kopi, pikiran tenang, bawaanya rileks aja, trus bisa ga bobo.. (ak suka malem2 drumah, yang laen dah pada tidur.. ak nikmatin nonton tv.. film..dengerin musik.. dan ngerancang masa depan!! hehe)
makanya kopi tuh dah jadi kebutuhan buat ak!! wajib!! padahal agak membahayakan ya..
namanya juga suggesti ya.. sama aja ada yang dah kecanduan ma hp.. kalo ga bawa hp hidupnya bakal merana.. ngerokok (nah ini kecanduan yang membahayakan diatasnya kopi banyak bgt kan :) )
Nyandu kopi mulai jaman2nya kul yang kadang tugasnya ga kenal yang namanya belas kasihan hehe.. so kopi ngebantu banget..sampe skrg ga bisa kalo ga minum kopi.. (buat produsen good day choc orange ma mocafrio nih.. please distribusikan produkmu ke Tanjungpinang, susah amat nyarinya boss!!)
jadi, kalo ada yang mo kasi kado valentine.. kasi kopi ya hehe.. ikut2 aja dikit nih: Happy valentine....

puas???? not yet!!

1 komentar
Skrg lagi sibuk2nya ngajarin murid2ku buat persiapan UN Produktif.. kadang ga nyangka aja, tanggung jawab segede ini dilimpahin Tuhan ke ak... Makasi Allah udah percayain ini ke ak.. ak bakal maksimal mati2an habis2an.. i promise!! alhamdulillah nya nih, anak2 kelas 3ny juga dah pada nyadar kalo ini untuk mereka, kita mati2an untuk dia.. jadi timbal baliknya ada.. senangnya mereka semangat, so guru2nya juga kebawa lebih semangat lagi...
Smangat aja ga cukup kawan!! kita harus berbenah, kerjasama (guru produktifnya kompak2 banget... ga da yang namanya senioritas.. hari ini gini masi pke begituan?? basi...), ikhlas untuk mereka.. keluarkan semua potensi mereka yang ada, (tnyata banyak juga yang masih belum bisa komputer, lucu2 polanya, aduuuuuuh nak!!. Bulan Maret bentar lagi, kerja masih banyak!! ak pengen saat mulai ujian nanti, mereka dah pada mantep! ga da lagi muka bingung plus panik dsana.. biar semuanya bisa senyum!!

Kalo sekarang, ngerasanya dibutuhin banget ma mereka.. akhirnya si ega ini berguna juga buat mereka hehe..ak juga berbenah banyak, ngadepin murid tuh ga bisa dsamaratakan.. ada yang mampu dan ga kan.. perlakuannya juga ga bisa sama, tapi intinya tetap sama pengen mereka maju, pinter dan ga malu2in.. kan bisa tu bikin bangga..kalo dtanya kok bisa pinter sih (jawabnya kan diajarin ma bu ega hehehe ngarep!!) so, yuk nak kita sama2 bjuang.. masih panjang nih kerjanya!! go go chaiyo!!

Minggu, Februari 08, 2009

Mereka ngerti ga ya???

3 komentar
Akhir2 ini sering banget balik jam 6 sore dari kerja!! Padahal kan biasanya jam 2 siang dah pulang (please, jangan ngeremehin jam kerja guru yang dikit, tapi asal tau kerjaannya minta ampun susahnya, ati, pikiran, tenaga dkuras semua… kerja bener2 efektif dari jam 7 mpe jam 2). Bulan2 ini jadi bulan sibuk buat nyiapin anak2 didik ak yang bakal ujian praktek kejuruan bulan Maret ntar. Ribet banget. Gimana ngga.. kita harus ngeyakinin anak2 kalo mereka pasti bisa jalanin semuanya walau dalam hati masih ada tanda tanya cukup gede apa mereka bisa atau tidak….. bukannya ga percaya dengan kemampuan mereka, tapi tuntutan yang sangat berat buat mereka. Bayangin aja:
1. Mereka disuruh buat proposal nulis kaya’ ujian teori (proposal pengembangan usaha, yang kalo pengusaha aja perlu perincian yang detail bgt berbulan2, kenapa mesti dtulis dsekolah sih??? Kan bisa mereka buat drumah, diketik, trus sistem bimbingan untuk apa dong??? Udah cape2 dbimbing, dkonsep trus salin ulang dsekolah, bis itu dketik.. ngerepotin ga sih??? Yang buat peraturan udah pernah kuliah kan???)

2. Dah gitu dsuruh ngetik pula hasil proposal juga dalam 1 hari dsekolah (mmmmm…nah ini yang repot, dpaksain banget kan.. kita aja zaman dulu skripsi ga gini2 banget, penyiksaan kecil2an nih), belum lagi langsung dibuat power point untuk dipresentasiin, kan kalo kerja dipaksa hasilnya ga maksimal.
Belum lagi masih ada 5 praktek lainnya (kalo yang ini ak yakin mereka bisa)
Coba mereka dksi waktu buat sendiri seminggu, ak yakin mereka bisa dengan sangat baik (kan niat semua pengen lulus). Kalo semuanya hanya dalam waktu yang singkat, hasilnya ga beres lah… ini masih aja serba instan!!! Liat dong yang instan ga berhasil!!
Pemerintah pusat kasi kerjaan kaya gini, ngukur kemampuan siapa sih?? Anak2 mana yang dilihat??? Jakarta??? Mikirin ga yang dluar jakarta, yang kadang fasilitas masih terbatas (untungnya sekolahku aman dengan fasilitas). Anak2 Jakarta juga ga gitu2 amat pintarnya.
Tapi daripada cape ngeluh, makanya rela deh balik mpe jam 6 terus buat bimbing mereka dari mental, otak semuanya lah. Nunjukin kalo kita bisa, kita mampu. Tunjukin ke orang2 yang buat keputusan itu, kalo halangan kaya gini bisa diatasin!!
Sebenarnya emang baik ya, anak2 dlatih buat proposal dan dipresentasikan. Ak setuju banget. Itu melatih mereka. Tapi yang disesalin nih kenapa mesti dibuat proposal tertulis tangan dsekolah, harus ngetik 1 hari dsekolah???? Why???

Kan bisa pakai sistem bimbingan, toh kita tau mereka kerja sendiri (guru tuh kan ngerti kemampuan anak2nya) kalo udah Acc tinggal tampil, jadi mereka mempersiapkan diri tampil juga maksimal. Powrpoint misalnya selain harus bagus hasilnya, tampilannya kan harus menarik. Kalo dbatasin kreasinya dengan waktu yang mepet, ya jadi sih mudah2an baguslah….. udah.. udah….. males mo ngeluh lagi.
Yuk, nak, (cieeeee……..berasa tua hehe) kita berjuang!! Kamu bisa!!



PLUTIMA............MAGIC WORDS!

1 komentar
Kenapa ak kasi judul diatas kaya’ gitu… dengar katanya aja udah bisa bikin ak tersenyum. Kata itu hanya kepunyaan ak dan mereka yang pernah ada di cerita keluarga pleburan III/5 Semarang. Mungkin hari ini ak terlalu sentimentil ngungkapin rasa kangen ma mereka yang pernah ada dan masih ada dsana. Disini ak belajar banyak, tumbuh disana, lebih tepat nya ngalamin yang namanya metamorfosis (hihi….apa coba). Awal ak dsana ak Cuma anak manja yang ga bisa apa-apa. Tanpa maksud buat sok tua, mereka yang lebih dulu dsana, ngajarin ak untuk bisa mandiri, berdiri dkaki sendiri dan tau yang namanya perjuangan buat mendapatkan sesuatu, ga hanya bisa merengek, tapi ga pernah ngelepasin ak gitu aja sendiri (specially kakak rina dan mama farha, matur nuwun!!!)
Disitu ak juga diajarin makna sahabat tu kaya’ apa. Ga perlu kalimat puitis untuk gambarinnya, tapi ak cukup tau setiap saat ak menoleh, mereka ada buat ak. Jarang banget dengar kalimat pujian, yang ada hanya celaan tapi nyata2 selalu ngedukung setiap langkah – langkah ak. Ak selalu ingat kalimat-kalimat kaya’ gini nih:
1. “Ga, bangun dong!!, gak ngadep??? Mo cepat lulus ga??”
2. “Ga, kul sana… katanya mo kul dengan dosen ganteng?”
3. “Gih nyuci, dah numpuk tuh cucianny, mo bawa k laundry??? Sok tajir!”
4. “Mo mpe kapan?? Mpe 9 taun? Kaya’ lagunya chrossbuttom? (nah ini bikin sebel!! Cukup ak dan mereka saja yang tau… but thanks guys special nih buat sulis ma Ano!






Semakin lama dsana, ga mungkin dong ga nambah dewasa, ak diajarin juga jadi kakak dsana sekaligus “tong sampahnya” adek2 yang curhat mulu bawaannya. Dsana ak juga dgembleng walo ga kaya’ tentara untuk bisa bersikap protektif buat ngejagain mereka (thanks 4 dew2 ma bojes trus si adek ‘mimi popon upssssssssssssst da ga boleh lagi ya) segimana dulu ak djagain ma mba2 kostku yang baik ati tap sekaligus bisa kaya devil kalo ak keras kepala kalo ga mo dengerin..hehe… piss mba’!
Libur akhir taun lalu ak ksana, balik lagi, napak tilas bentar, ngelepasin lelah hidup yang bikin stress!! Cuma seminggu tapi bisa nambah power lagi buat ngejalanin semua…. Yang ada dsana juga ngerasain yang sama. Meski sekarang sendiri2, tapi ak ga perlu takut, ak tau mereka buat ak…. So kalo da papa ak tinggal bilang PLUTIMA… ak pasti bisa tersenyum dan ga pernah sendiri