Senin, Juni 15, 2009

I Love my Job


Jam 4 sore tadi baru aja pengumuman kelulusan siswa SMU/SMK di Kepulauan Riau. Jam 10.30 pagi guru2 rapat pengesahan kelulusan, dan tercatat nih 4 orang yang dinyatakan tidak lulus (Alhamdulillah banget lho…sekolahku termasuk 4 besar propinsi terbaik).
Sebelum jam 10, kepala rasanya berat banget, pusing mikirin hasilnya, kira2 siapa yang tidak lulus. Siapapun dia, ak ga pernah ngarepin untuk ga lulus. Guru mana yang tega liat ekspresi sedih muridnya?? Kekecewaan muridnya yang setengah mati usaha tapi masih gagal juga? Ga ada kan. Tapi itu kenyataan yang harus dihadapi ma murid2ku. Dilematisnya guru, ikut happy murid2nya lulus tapi disaat bersamaan bisa menggenggam tangan murid yang ga lulus dengan harapan dia kuat dan alirkan ketabahan buat mereka…..


Sms masuk ga henti2, sampe ak matiin hape saking ga sanggup baca sms yang semuanya bernada khawatir dan nanya mulu sapa kira2 ga lulus. Mungkinkah mereka diantaranya? Kalopun iya ak ga bakal sanggup bilang kan???

Saat yang dinanti akhirnya sampe juga. Tangis, tawa, campur jadi satu. Ga guru, murid semua larut dalam kebahagiaan. Entah berapa murid yang ak peluk, cium, kita ikut happy sama mereka (eh ya ga ada tuh aksi corat-coret, kita pake baju bebas….so hari gini masih corat coret?? Ga lah).

Tapi ak juga lihat sorot mata syahdu disana, ak menghampiri, dan tangis itu pun pecah. Sulit rasanya menerima bahwa ada murid yang ga lulus, apalagi guru2 yang tau gimana mereka sehari2 (bukan orang2 pusat!! Ak ga suka nilai kelulusan hanya ditentukan saat ujian aja, lantas apakabar dengan ‘proses’….kami yang tahu mereka…bukan mereka…)

Ngeyakinin bahwa semuanya baik2 aja, adalah hal yang paling sulit dilakukan…
Bagaimana mereka pulang nanti dan bilang ke mama papa bahwa mereka gagal. Sudah cukup hancur hati mereka, apalagi harus menyampaikan ke orangtua. Ak tahu ‘pasti sulit’.
Tapi ak salut ma murid2ku, mereka ga larut dalam euforia yang berlebihan. Mereka wajar banget nerimanya. ‘Ga ada corat moret, ga ada konvoi yang bikin repot orang di jalan… yang ada mereka datengin guru2 dan nyalamin sambil ngucapin makasi, mereka juga hibur temen2nya yang gagal’…Untuk yang satu itu ak acungin jempol deh!!

Di sini kebanggaan jadi guru dateng hampirin ak. Hati kecil ak ngomong ‘Tuh Ga, ternyata kamu bisa kan’.
Apalagi ujian tertulis ‘produktif penjualan’ dinyatakan lulus 100% …sebagai guru penjualan boleh dong bangga…..

Nah pas mo balik ada muridku Budi yang dateng hampirin ak sambil kasi sesuatu…. Dia bilang itu hasil kreasinya sendiri…..
Pas dibuka ternyata….. Isinya note2 yang dibuat ma murid2ku buat ak…. Mulai dari makasi sampai minta maaf… Mulai minta di doain sukses sampe doain ak cepat married hehehe… Apapun itu nak, ibu bahagia banget… sampai2 ak nangis…




Ak ga butuh banyak, cukup mereka happy dan hargain apa yang udah kita lakuin buat mereka…. Ga minta apa2.. kado kecil ungkapan tulus hati aja udah senang banget…
Dari kalian ibu juga belajar banyak, belajar untuk sabar, ga egois, punya rasa sayang lebih, tanggung jawab, dan untuk pertama kalinya ibu ga pernah sebahagia ini untuk kebahagiaan orang lain….. so anak2 ku… Ibu bisa bilang : Terima kasih juga untuk kalian….Ibu bangga jadi guru kalian… I love my Job!! Yihaaaaaaaa!!

(dibuat dalam perasaan yang lagi happy….. ga tau deh besok, kalo pas ngawas ujian ketauan nyontek, mungkin ga semellow ini hihihihihi)






29 komentar:

anggaarie mengatakan...

selamat yah...kebanggaan jadi guru adalah ketika murid2nya berhasil...

Henny Y.Caprestya mengatakan...

pertama yah henny???

Henny Y.Caprestya mengatakan...

wah..kedua dan ketiga ternyata.
senangnya punya murid yang sayang sama kak ega.

Newsoul mengatakan...

Begitulah moment membahagiakan seorang guru. Selamat ya, saya ikut senang.

uke poet mengatakan...

bahagia rasanya ketika ada yang menghargai. karir apa pun itu. apalg karir sbg guru, yg digugu dan ditiru. selamat yah kak ega

penny mengatakan...

selamat ya.. atas prestasi yang telah diraih oleh sekolahnya...
4 besar propinsi mah.. bagus tuh....jadi ikut senang nih...

weih.. hadiah dari muridnya kreatif banget ya..salut deh....

DUNIA POLAR mengatakan...

selamat yahhhh....aku juga terima kasih ke ibu ega, uda biarin aku nyontek,hueheehehe...

mocca_chi mengatakan...

aku pengen punya sebuah kerjaan yang mana ngebuat aku ngomong "i love my job!" tapi sayang sampe sekarang belum ada, hiksss

Sari Maniez mengatakan...

Selamat Kak Ega, dah dapet award dari murid2nya... Tetap Semangat, kalo ada yang nyontek, hajar ajah hueheheh ;p

yanuar catur rastafara mengatakan...

selamat yach untuk kelulusannya
keyakinan memang sangat diperlukan selain usaha
salam buat guru yak
hehehehehe

attayaya mengatakan...

hmmmm indahnya masa sma

guru pahlawan tanpa tanda jasa
salut untuk guru2 Indonesia
tetap semangat

Penikmat Buku mengatakan...

ngiriiii...beberapa tahun terakhir ini pengen banget jadi guru

Tukang komen mengatakan...

Selamat bagi yang lulus, ikut prihatin bagi yang gak lulus, jadi inget masa-masa kelulusan sma dulu, habis baca pengumuman langsung ngacir kabur takut disemprot-semprot ama cat bajunya....

suwung mengatakan...

selamat ya bu... apa yang membuat banga guru selain anak didiknya berhasil

kakve-santi mengatakan...

enak ya jadi guru...

kenapa saya masuk teknik??

YolizZ mengatakan...

wuaahhh,,, sooo sweett banget yah dapet kado kenang-kenangan gituh...

jadi inget ma wali kelas waktu aku SMA dulu deh,, ehmm.. kangeeenn..

Yudie mengatakan...

Selamat Kak Ega.... Aku turut bahagia mendengarnya.
Semoga yang gak berhasil tahun ini bisa sukses tahun depan. Perjalanan masih panjang kok, tul gak Kak Ega ?

J O N K mengatakan...

wuahhh,sef kak, klau kayak gini, dijamin kerjaan bakalan menyenangkan :D

Nakinisa mengatakan...

Selamat kak Ega dan Sukses selalu..!

vie_three mengatakan...

iiiihhhh aq bcanya jadi ikutan seneng kak.... jadi tersenyum sumringah... tp sayang yach kasian banget g gak lulus....

Ani mengatakan...

Aku yang jadi ortu aja deg2an soal UAN, padahal anakku ikut UAN ntar tahun depan....

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

Seneng rasanya melihat anak2 kita berhasil,.... ditempat aku satu orang siswa tidak lulus.

Sukses untuk kak Ega.

RanggaGoBloG mengatakan...

wuuiihh... sampek merinding sayah baca postingan kak ega.... huhuhuhuhuh...... untung duluh sayah lulus dengan nilai yang cukup memeuaskan.....

Lala mengatakan...

Wah perhatian banget murid murid KaK Ega, senengnya... Guru adalah pekerjaan yang sangat mulia.

rHeeaz mengatakan...

slamad yah ka egaaaa.... senengnyaaaaa.... dapet kenang2an dari murid2nyaahhh.... :)

JengSri mengatakan...

emang haru situh kali kak ega
mencintai pekerjaan bikin kita semangat

ferdivolutions mengatakan...

eeehhemm..ehheemm...
jadi guru favorit ne yeee...
senangnya....

besok klw aku jd guru, aku pgn seperti kak Ega, disenangi byk siswa2x..
biar siswa2 aku nanti bilang : ooo..pak ferdi yg baik hati dan keren itu?? aku senang belajar sm beliau...

hakz..hakz..hakz..

SENDAL JEPIT mengatakan...

wah bu guru lagi hepi ni

Ravatar mengatakan...

Selamat ya bu guru...saya gak heran kalo murid mbak ega juga udah dikenalin dengan blog he he he. Canggih emang bu guru yang satu ini.
Ikut happy :D

Poskan Komentar

makasi udah baca ceritanya kak ega.. please give ur comment and let me know who you are.. sekali lagi makasi kawan :)