Jumat, Juli 17, 2009

Angry.... Sad!!! and Hope....


Dulu yang ak tau Negeriku dikenal dengan keindahannya….. dengan keanekaragaman budayanya, dengan keramahtamahan masyarakatnya, dengan semboyan ‘Bhinneka Tunggal Ikanya”, dengan semangat Gotong royongnya, dengan Tepa seliranya……

Semuanya kini menguap entah kemana… negeriku tak seindah dulu.. Candi Borobudur tak sekokoh dulu, entah berapa banyak tangan jahil yang tak punya hati merusaknya… Pulau Bali tak senyaman dulu, entah berapa kali ‘travel warning’ mampir di sana…. Danau Toba tak lagi menjanjikan pemandangan yang cantik …

Negeriku kini tak lagi menghargai keragaman budayanya…. Telah tertulis begitu banyak kisah perang antar suku entah itu Madura, Dayak, Melayu, Ambon… sepertinya hanya 1 kali sentil saja emosi bisa berkobar, perang bisa tersulut… tak ada lagi harga nyawa di sana… Tangisan Ibu kehilangan anak, tangisan anak kehilangan ayah, tangisan sahabat kehilangan kawan hanya sebagai melodi pengiring perang yang tak punya arti

Negeriku kini tak mengenal lagi keindahan perbedaan…. Tak tau lagi arti toleransi…. Keyakinan pada Tuhan terlalu banyak di campuri oleh manusia – manusia yang merasa dia paling benar, seolah2 dia makhluk Tuhan yang paling suci…

Tadi, sungguh terhenyak dan hanya mampu diam saat Negeriku ini yang mencoba pulih, jatuh lagi…
Sungguh manusia2 biadap yang tak punya hati telah memporak porandakan pagi yang tenang… Suara ledakan dimana2.. orang2 luka minta pertolongan, mayat yang hangus, suara sirene sahut menyahut tiba-tiba jadi pemandangan yang harus di lihat…
Bunda pertiwi menangis kembali… lebih tepatnya merintih!! Ada apa lagi dengan negeriku?? Belum cukupkah semua hal2 buruk yang telah terjadi sebelumnya??



Haruskah negeriku di kenal sebagai negara teroris? Haruskah ia dikenal sebagai penghasil korup terbesar?? Haruskah ia dikenal sebagai negara miskin?? Haruskah ia dikenal sebagai negeri yang tak punya kekuatan apa- apa yang gampang dirobohkan?? Haruskah ia dikenal sebagai negeri yang harus berperang antar sesama….

Bukan…. Negeriku bukan seperti itu… ak tak ingin kisah kelam menghiasi buku2 sejarah generasi berikutnya… ak tak ingin peristiwa bersejarah tertulis rentetan kejadian peledakan… tak ingin ditulis gerakan2 separatis….

Tiba2 lagu Sherina menari di kepalaku : “Tuhan, Marahkah Kau pada kami??”
Dia tidak marah. Dia menginginkan kita menjadi bangsa yang kuat. Hentikan saling menyalahkan. Bersatu. Lupakan kesenjangan. Buat mereka2 yang menghancurkan kedamaian negeri ini tersudut, buntu tak bisa berkutik lagi. Bahu membahu kawan, jangan lagi kita lihat Siapa dia, apa agamanya, suku mana dia… Jangan lagi kita biarkan yang satu terjatuh, yang lain hanya diam.. tepa selira kawan… toleransi kawan… rendah hati….

Ak hanya ingin nantinya mereka, generasi setelahku merasakan yang sama dengan ak… negeriku dikenal lagi sebagai negeri dengan segala keindahannya.. hamparan padi menguning…. Masyarakat yang saling berjabat tangan…. Dengan segala kerendahan hati dan kepribadian yang bijak…. Sungguh, ak rindukan itu kawan…..


Nb: Turut berduka cita untuk korban peledakan JB Marriot dan Ritz Carlton pada tanggal 17 Juli 2009.. semoga amal ibadah diterima di sisiNya… dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan…..
Semoga luka-luka lekas sembuh dan rasa traumatis bisa hilang……. Doa kami bersamamu kawan…..


Untuk pelaku: ENYAHLAH KAU DARI MUKA BUMI INI!!!


19 komentar:

reni mengatakan...

Pertama aku ingin menyampaikan turut berduka cita atas tragedi yang terjadi.

Mbak.., setelah sempat menikmati kedamaian, kini semua telah kembali terkoyak oleh bom kebencian dan permusuhan. Tak lagi peduli dengan rasa cinta dan kasih kepada sesama.

Tukang Komen mengatakan...

Mereka bukan manusia mas.... bukan juga binatang... manusia adalah makhluk beradab, sedangkan binatang adalah mahkluk yang hidup menurut keseimbangan alam, sedangkan mereka? mereka hidup oleh tangisan saudara mereka sendiri.

Tukang Komen mengatakan...

eh sorry .... kak ega... jadi keliru mas toh......?

Ivan@mobii mengatakan...

Test test

Denny mengatakan...

yah terkadang memang seperti itu kejamnya dunia. disaat kita mencoba merangkak mencari ketenangan dan memperbaiki kesalahan dimasa lalu ada aja yang menambah masalah.

siapa yang mau disalahkan jika semua beranggapan benar, hanya Tuhan yang benar. Jangan sampai negara dan nyawa tak berdosa menjadi korban permainan tersembunyi. ya sampai sekarang saya berharap itu adalah ulah terorist dan bukan permainan politik.

apakah negeri ini akan kalah oleh penghuninya sendiri.. semoga tidak :)

Ivan@mobii mengatakan...

Yes gak ada verifikasi katax. Aku jd sering mampir ini. Makasih kak ega...

Ivan td kurg update berita d tipi, jd pengen liat langsung ahh. Br gak penasaran!

Joni-Joni-Joni mengatakan...

turut berduka cita yang sedalam dalam nya untuk para korban beserta keluarganya.........
hmm menyikapi hal yang tak aneh lagi seerti ini kita sebaiknya berdiri sebagai orang waras ditengah kegilaan yang meliar ini..........
salam hangat
-joni-

rco mengatakan...

Mari turut bangkaitkan bangsa ini dari segala macam keterpurukan itu

Henny Y.Caprestya mengatakan...

turut berduka cita juga kak ega. henny harap ada hukum yang ditegakkan kalo pihak yang ada dibalik aksi pemboman itu tertangkap

ferdivolutions mengatakan...

tolog, kak Ega... Musnahkan teroris itu dr Indonesia...!!!
aku mohon..!!

Newsoul mengatakan...

Turut merasakan miris, dan jelas berduka. Pelaku, terungkaplah, tertangkaplah, semoga segera tersadar. Hanya itu yang berhak untuk saya katakan.

vie_three mengatakan...

tak bisa berkata apa-apa kak tentang kejadian yg menimpa Indonesiaku ini..... sungguh kejam para teroris itu....

AISHALIFE-LINE mengatakan...

Turut berduka atas kejadian sedih yang menimpa Indonesia sista.Semoga pelakunya bisa tertangkap dan dapat hukuman yang setimpal.

RanggaGoBloG mengatakan...

mari kita bangun negri ini mulai dari hal terkecil dulu... yaitu diri kita sendiri....

:D

♥ Neng Aia ♥ mengatakan...

sedih.. prihatin.. akankah ini yang terakhir??

J O N K mengatakan...

negara kita sedang asyi-asyiknya, eh malah ada segelintir orang yang mau ngerusak...

Moga orang2 yang jadi otak kejadian ini cepat tertangkap ...

Sudino Dinoe mengatakan...

Negeri kita lg kehilangan jati dirinya..krn manusia tlah byk berbuat tidak benar...and turut berduka atas tragedi bom di Jakarta

suzhu BITES mengatakan...

turut berduka cita atas korban JW Marriot & Ritz Carlton insya Alloh mereka diberikan tempat yg mulia disisinya.

Indonesia pasti akan lebih baik mungkin kita sedang diuji karena kita dh lupa. keep on believing!! dont give up Indonesia!

Yudie mengatakan...

Ketenangan yang diusik oleh orang2 yang tidak bertanggung jawab, orang2 yang biadab.
Turut berduka yang sedalam-dalamnya buat keluarga korban, semoga diberi kekuatan.

Aku jadi gagal ngeliat langsung tim kesayanganku Manchester United di Senayan...hik...

Poskan Komentar

makasi udah baca ceritanya kak ega.. please give ur comment and let me know who you are.. sekali lagi makasi kawan :)