Nak kemane? Tak ade (Tanjungpinang dengan segala ceritanya)

Selasa, Juli 09, 2019
Kata Orang :
"Kalau belum ke Penyengat, belumlah ke Tanjungpinang"
"Kalau belum makan gong gong, belumlah ke Tanjungpinang"

Tapi, kalau hanya itulah pengingatnya, maka Tanjungpinang hanya sekedar kota... Padahal lebih dari itu... Tanjungpinang adalah Rumah...Percaya saya, saat kalian kemari, dan kemudian pulang, rasanya seperti meninggalkan kampung halamannya sendiri.... 




Berawal dari perjalanan dengan GOJEK ke sekolah (kesannya kaya abg berangkat sekolah 🤣🤣🤣🤣), ada obrolan singkat dengan abang gojeknya...

Babang Gojek (BG) : "Mbaknya asli Tanjungpinang ya?"
ME : Ya Mas, dari lahir disini
BG : "Kok bahasanya ga kaya orang pinang kebanyakan ya? Malah saya kira dari Jawa Mba"
ME : "Hehehe iya ya mas, iya tapi saya emang pernah kuliah di Jawa sih, di Semarang"
BG : "Oh pantes mbanya... Saya juga dari Jawa Mba, tapi udah dua tahun disini"
ME : "Betah Mas?"
BG : "Udah kaya kampung halaman sendiri, nyaman banget mba, orangnya welcome, mau pergi malam jam berapa aja aman, Ini kota yang cerminan Indonesia sebenarnya mba"

Oke, stop sampai disitu cerita babang gojeknya. Pointnya adalah Nyaman. Dan yah, Tanjungpinang memang menawarkan kenyamanan itu. Betapa hidup di Kota ini sedikit Riak hebohnya, semua berjalan santai. Dulu, saat pulang dari Jawa setelah 5 tahun hidup di sana saya sempat merasa "Ya Tuhan, tidak ada perubahan kota ini"

Namun, saat kemudian mencoba beradaptasi kembali dengan kota ini, bukannya tidak ada perubahan, tapi segala sesuatu perubahan yang ada tidak dihadapi dengan kehebohan, atau antusias berlebihan. Ya, SANTAI... Saking santainya nih coba deh silahkan aja tanya ke Artis artis ibukota yang datang ke kota ini.. "Adakah yang menarik narik tangan mereka untuk berjabat tangan? atau teriak teriak kesenangan?". TIDAK ADA. Di kota ini, mereka diperlakukan sangat manusiawi, biasa aja gitu sampe bikin bingung artisnya sendiri hahaha.....

KEDAI KOPI

Yang saya bicarakan  disini adalah tempat dimana para tetua alias bapak bapak sering ngobrol di pagi hari dengan ditemani sarapan Lontong Sayur, Telur Setengah Matang, Mie lendir sambil ngopi entah itu Kopi O (Kopi panas) atau Kopi Susu...
Itu adalah Rutinitas yang saya lihat di hampir di semua kedai kopi di pagi hari. Mereka bisa cerita apa saja, mulai dari masa muda hingga politik yang sok sok keras,  keras tapi lucu ini....

Sampai akhirnya saya mendapatkan kesimpulan Tidak adanya Demo di Tanjungpinang ini bisa jadi karena adanya kedai kopi ini. Korelasinya apa coba? ya iya, kalo demo itu kan biasanya kondisinya panas hati dan fikiran. Ya kan ya... Tapi coba deh kalo masalah itu dibicarakan di kedai kopi sama kawan, dari yang suasananya panas bisa jadi adem karena udah lepas unek unek sambil menyeruput si manis itu atau bahkan si pahit... Masalah kemudian menjadi teredam, entah hilang entah ada solusi... yang pasti hasrat buat demo sudah menguap....




Sayangnya kedai kopi sekarang udah mulai beralih fungsi menjadi tongkrongan anak muda yang katanya bersahabat ,duduk semeja namun tak lagi bicara, gadget di tangan masing masing... Namun jika ingin lihat KEDAI KOPI SEBENARNYA, pergilah di pagi hari, di sana masih banyak mereka mereka yang lupa akan gadget namun berbagi kisah... Ya iya si ahli ahli PUBG itu sedang di alam mimpi di pagi hari.... hahahaha....

NAK KEMANE? TAK ADE

Nah ini Tanjungpinang banget nih... kalau mau tau anak Tanjungpinang asli, bukan dari bahasanya.. Tapi lihat bagaimana cara iya menjawab jika di tanya MAU KEMANA? Entah itu pakai logat melayu, bahasa Indonesia sekalipun, jika mereka menjawab TAK ADA, maka itu ANAK TANJUNGPINANG BANGET....
haha, entahlah itu ciri khas kami....yang lucunya jawabannya dilanjut. Contohnya Gini : "Tak ada. Ke Pasar aja". Seolah olah ke Pasar itu bukan kegiatan apa apa... 

MAKANAN

Kalo soal makanan ga perlu takut dan ragu. Makanan disini enak semua. Seyakin itu saya? Ya dong. Masalah isi kampung tengah ini (perut btw), bukan main main. Hanya ada dua kemungkinan tempat usaha makanan bisa tetap eksis di Tanjungpinang :
1. Tempat biasa, makanan enak
2. Tempatnya bagus, makanannya enak

Jadi mau semewah apa juga tempat, kalau ga enak makanannya ya tinggal tunggu waktu aja bisa jadi sepi sesepinya....

Recommend tentunya makanan enak ya seafoodlah yang jadi khasnya Tanjungpinang. Dan kerennya tempat makan enak itu agak jauh, jadi nih makin berasa enak karena ditambah dengan perjalanannya yang bisa sambil cerita sama temen tentang apa saja (Ingat jauhi gadget saat itu, temenmu depan mata loh). Ingat harus pesan Gong gong!!






TEMPAT WISATA

Nah ini harus saya perjelas banget... tempat wisata Tanjungpinang itu sebenarnya ga banyak, sangat terbantu dengan daerah satu Tanah yaitu Bintan yang makan waktu perjalanan hanya sejam jadi kami nih kadang masih merasa ya itu Tanjungpinang padahal bukan.... hahaha.. jadi, kalau ke Tanjungpinang, saya jamin kalian kalian semua nih juga akan diajak ke Bintan. Kalau Tanjungpinang sendiri untuk tempat wisata yang indah, saya belum bisa kasih Recommend banyak. Tapi,kalau tempat yang ramai dikunjungi ada 3 tempat sih di pikiran saya :


1. Penyengat (Nah ini recommend, ini bisa dibilang tour religi, jadi bisa tau sejarah kalau memang niat cari tau). Saran saya datang pada hari Minggu, karena ada disana pasar Rakyat dimana bisa mencicipi makanan khas melayu sampe dengan cemilannya. 



2. Gedung Gong gong... Ini ikonnya Tanjungpinang karena seafood gong gong yang terkenal, walau bangunannya jauh dari ekspektasi saya, tapi paling tidak Tanjungpinang sudah punya gedung ikon, sama halnya Gedung sate yang ada di Bandung. Tempat ini ramai, tapi lebih ke mereka yang sudah bekeluarga yang banyak datang mengingat tempat ini ramah untuk anak anak...

3. Rimba Jaya. Nah ini ramai karena kulinernya, tapi kalau ingin kuliner khas, tempat ini kurang pas. Disini banyak kuliner kuliner kekinian anak muda. Soal Rasa? balik lagi ke pembahasan saya tentang makanan. Banyak berganti ganti karena ya itu tadi tidak didatangi, jadi ya gambling deh ya bisa enak bisa enggak...., 

Sedangkan wisata Bintan yang saya sebutkan di atas, hampir semua tempat recommended.. silahkan saja ke TRIKORA, LAGOI dan sekitarnya semuanya bagus!

ANGKOT

Saya yakin nih, ini jarang banget dibahas sama mereka mereka yang buat blog tentang Tanjungpinang. Yah, mungkin karena jarang ada yang jalan jalan pake angkot hahaha...
Tapi angkot Tanjungpinang ini unik. Di kota lain kita bisa naik angkot langsung karena udah jelas tujuannya kemana. Nah kalo disini, Semua keputusan Mutlak ada di tangan SUPIR ANGKOT hahaha, karena kita harus ngomong dulu mau kemana. 

Tapi ada kerennya loh, kadang, supir angkot yang baik bisa diajak kerjasama untuk ngantar sampe masuk ke dalam jalan perumahan, bahkan jalan kampung atau gang yang angkot bisa lewat.... kurang hebat apa coba? paling nambah dua ribu rupiah. dan ga usah takut nyasar mau ke suatu tempat itu bisa berbagai arah lewatnya, asal ramah dan gak sok tau, orang sini rela bantuin.. 

Dari jaman saya SMA sampe setua ini, pemerintah ga berhasil tuh buat angkot dengan tujuan tertentu hahaha.. bagi saya ini unik...bahkan ada angkot yang rela muter arah untuk nganterin kita.. keren kan? dan lagi nih... ga usah takut desak desakan.. masyarakat Tanjungpinang ini keren, mereka ga akan mau naik angkot yang kelewat rame... haha.. kalo di daerah lain, bisa bisa ga naik angkot...

SUSAH DITEBAK HATINYA

Masyarakat Tanjungpinang itu susah ditebak hatinya. 
"Sering banget ngomong dari jaman sekolah dulu sampe sekarang Tanjungpinang ga pernah ada mall.. Giliran mall ada eh malah sepi.. kebantu ramai karena ada Cinema XXI, kalau nggak mungkin udah tutup."
"Artis jarang datang ya. Giliran artis manggung cuek aja"
 "Kalau ke batam, pasti oleh olehnya Pizza hut atau J.CO. Giliran Pizza dibuka eh tempatnya sepi. Nah tinggal JCO nih, karena baru buka sebulanan masih ramai ga tau nanti."

Tapi saya sayang sekali kota ini. Kota yang saya ingin damai terus. Kota yang ramah, yang welcome sama siapa aja, minim kejahatan, keributan. Saya ga tau apa saya sampai akhir hidup saya akan di kota ini, tapi, kemanapun saya pergi, saya akan rindu. terutama sapaan NAK KEMANE? TAK ADE, KE PASAR AJA"





1 komentar:

makasi udah baca ceritanya kak ega.. please give ur comment and let me know who you are.. sekali lagi makasi kawan :)