2021...THAT YEAR I WAITING FOR....

Rabu, September 18, 2019
Kalo ditanya penyesalan... Saya akan menjawab ada. Penyesalan terbesar saya adalah Saat saya menyatakan IYA di tanggal 28 Februari 2017 saat saya ditanyakan bersediakah saya menjadi Kepala Sekolah...

Saat itu di kepala saya hanya "WOW.. Saya hebat bisa dipercaya menjadi kepala sekolah di umur saya yang masih 34 tahun". Saya merasa saya akan menemukan petualangan petualangan baru dengan jabatan baru saya. 

Tapi saya lupa saya juga akan kehilangan banyak.



Saya tak pernah bicara ini sedikitpun bahkan dengan siapapun. Saya akhirnya kehilangan teman kerja yang dulu sering bertanya "Ega baik2 aja kan?"....
Setelah saya menjadi kepsek semua harus tampak baik. Saya harus baik baik saja. 
Saya lupa bahwa keputusan akhirnya mutlak ditangan saya apapun permasalahannya. 
Saya lupa bahwa saya harus PEDULI disaat saya tidak ingin peduli
Saya lupa bahwa saya harus MENEGUR disaat saya menganggap itu sebenernya biasa aja, tapi dari segi jabatan saya harus melakukannya...

Namun dari sedemikiannya, Saya kehilangan moment saya didepan kelas.. saya merindukan saat saya harus mengajar tanpa memikirkan siapa guru yang tidak masuk, kelas mana yang ribut yang tidak ada gurunya, administrasi sekolah mana yang belum beres, pertemuan mana yang harus saya lakukan.

Saya sering ketakutan kehilangan moment bersama siswa saya. Maka saya memohon untuk tetap dapat mengajar. Karena saat saya didepan kelas, saya benar benar bisa menjadi diri saya. 
Diri saya yang saya tampilkan pada saat rapat, saat pertemuan dengan kepsek2 lain, dengan pejabat2 lain adalah diri saya yang takut tampil salah, diri yang banyak menyesuaikan dengan seharusnya, diri yang tak sepenuhnya bahagia.

Saya pernah bertindak seperti anak kecil yang kemudian ingin berhenti begitu saja. Saya pernah melaukan hal konyol dan sama sekali tak bertanggung jawab itu.
Namun akhirnya saya memutuskan menunggu tahun berakhirnya di 2021 itu. 
Saya akan kembali menjadi guru yang selalu sama murid murid saya. 
Saya akan menunggu waktu itu dan kemudian merayakannya. 

Tapi, saya bukan tipikal yang menyerah lalu hancur. Tidak. Menuju 2021 itu, semampu saya, semaksimal saya, lebih dari 100% pikiran dan tenaga saya akan lakukan untuk sekolah saya. Biar tak ada penyesalan lagi. Biar saya masih bisa bangga apa yang saya akan tinggalkan nanti. Saya masih merasa sering dan terus tidak percaya diri akan jabatan ini, tapi amanah dan tanggung jawab ini harus saya lakukan...

Maka, bantu saya dengan mendoakan saya menjadi lebih baik. Bantu saya untuk bisa dan terus mau melakukan yang terbaik. 
saya cuma ingin diingat orang.. itu siapa?Itu bu Mega. Guru Kami... 


1 komentar:

  1. Kak Egaaaa... Ya ampun udah jadi Kepsek aja ya sekarang. Selamat ya, Kak. I'm proud of you! Sejak lama kenal ternyata makin berhasil dan sukses.

    You know, kak Ega. Aku tau rasanya kangen ngajar di depan kelas, kangen cerita curcol sama mereka, kangen beri nasihat dan lain2nya. Karena aku pun menjadi diri sendiri saat berada di depan kelas. Bahkan saat aku punya masalah, rasanya ga ada masalah kalau lagi di dalam kelas menyampaikan materi dll. I love my job as well.

    Jadi penasaran juga deh gmn rasanya jadi pemimpin sebuah organisasi, haha. Aku mendoakan semoga kak Ega semakin pandai mengatur segala kondisi sendiri dan orang banyak. Amiin.

    BalasHapus

makasi udah baca ceritanya kak ega.. please give ur comment and let me know who you are.. sekali lagi makasi kawan :)