Kak Ega Punya Cerita

"The other side of me, maybe the real one"

Last Words and Goodbye...

Jumat, Juni 04, 2021
The Real Angkatan Corona adalah anak anak ini, ya anak anak di Tahun Pelajaran 2020/2021. Anak anak yang dipaksa untuk merasakan pembelajaran yang tak pernah mereka bayangkan akan terjadi pada mereka sebelumnya. Online, rebahan, online, rebahan selama 1 tahun lebih. Percayalah, semalas malasnya mereka belajar, saya yakin mereka akan lebih memilih untuk berada di sekolah. 
Tahun terakhir tanpa kompetisi apapun, tidak ada sorak sorai riuh di lapangan, entah itu main basket, kejar kejaran atau hukuman terlambat masuk. 
Selama satu tahun terakhir menulikan telinga dengan pertanyaan yang terus masuk "Ibu, kapan masuk?", "Ibu, kita ga ada colour fun ya?", "Ibu, kok ga buat perpisahan?".

Saya tau, mereka juga tau itu tidak mungkin. Tapi  disudut hati kecilnya, mereka menginginkan saya bisa melakukannya untuk mereka. Maaf anak anak ibu, kali ini ibu tidak bisa, bukan karena tidak mau.. 

Kemarin adalah hari pengumuman kelulusan untuk mereka. Tanpa tatap muka. Tidak melihat ekspresi mereka. Kelulusan yang berlalu begitu saja. Ada DM yang masuk ke instagram saya "Bu, izin coret coret ya" dengan kalimat selanjutnya untuk menahan amarah saya "Dirumah lien kok bu". 
Saya hanya membacanya. Tidak melarang juga tidak mengizinkan. 
Yang ada  dipikiran saya yang mellow saat itu anak anak ini ingin merasakan sama dengan tahun tahun sebelumnya. 
Saya membaca tentang berita kelulusan yang coret coret tahun ini dan komentar netizen "Alah angkatan Corona aja belagu". Bukan berarti saya membenarkan aksi coret coret ini. Mereka dikatakan belagu? Kalian tau tidak mudah bertahan dengan situasi seperti ini sebagai murid yang masih sangat butuh bimbingan. Mereka diminta membuat tugas dengan bimbingan seadanya dan tugas harus selesai. Mereka bisa bertahan saja cukup buat saya. 

Banyak rencana rencana saya untuk mereka yang tidak bisa saya wujudkan. Saya ingin buat tournament basket, GAGAL. Saya ingin buat colourfun di pantai, GAGAL. Saya ingin buat perpisahan dengan garden party "GAGAL". Saya ingin buat bazaar besar dengan gabungan bazaar ekskul "GAGAL". Padahal udah beli sound system bagus biar bazaar, perpisahan dan colourfun ga sewa sewa lagi, Alat itu duduk manis di ruangan belum digunakan....

Lantas hari ini saya berusaha mengingat wajah mereka lebih dalam, kenangan apa yang saya punya tentang mereka.. Sudah 2 taun terakhir saya selalu menulis tentang anak anak di hari terakhir mereka di sekolah...
Kali ini giliran mereka, maka here its goes....






Setiawan, Futsal Captain... Anak Juara di akademis tapi juga jago banget di olahraga. Untuk bisa balance kaya gitu ga gampang, tapi dia bisa. Dan satu lagi kelebihannya attitudenya bagus banget. Sopan, dan positive vibes. Selalu melihat dari sisi positif setiap kejadian. Sebenarnya dia ketua Osis, tapi ya karena Corona ini dia belum bisa berbuat banyak..




Elvina, Si sok tegar tapi cengeng. Punya ambisi yang meledak ledak tapi juga punya sisi egois yang tinggi kalo udah ngomongin basket. Pendekatan sama anak ini ga gampang, saya harus secara pribadi ngobrol berdua, dan well kalo udah gitu dia bakal dengerin dari A sampe Z. Saya ga pernah nyangka saya yang ditemuin saat dia lagi dalam kondisi down khas anak abege. 





Lien dan April, kenapa saya sandingin? ni udah kaya anak kembar kemana mana barengan, Semangat dalam belajar, setia kawan walo kadang agak gregetan karena setia kawannya agak berlebihan, semua temen mau dibantuin, kadang kelewatan manjain temen temennya... Tapi karena mereka saya jadi semangat buat ngasi bimbingan, ngerasa dibutuhkan..

Vian Ervina, si Juara Umum... Saya punya kenangan khusus sama anak ini saat dia ada di kelas X.. Saat itu saya agak keras karena dia harus ikut lomba tapi menurut saya persiapannya masih sangat kurang. Posisi saya saat itu lagi ada di Medan, saya bilang sama dia kalo mau ikut lomba bener, siap bimbingan sama saya dan pembimbingnya.. Anak ini mau belajar, lewat jarak jauh dia bimbingan dengan saya. Dan ya hasil sepadan dengan pengorbanan dia belajar, Juara di tangan...




Ratna... Ketua Pramuka.. Anak ini sebenernya sangat bertanggung jawab terhadap tugas yang dikasi, Saat pandemi ini, 1 kali saya kasi tugas ke dia untuk pelantikan bantara di sekolah. Hanya 1 kali dari sekian banyak moment yang seharusnya ada. Kegiatan ini pun saya paksakan ada, sangat sederhana, apa adanya, tapi Ratna bisa melaksanakan dengan baik dan berjalan rapi. Saya bayangkan kalau saja kondisi normal maka akan lebih hebat di tangan anak ini.. 

Si kembar, Abang dan Adek... Hubungan saya sama dua anak ini turun naik. Kadang seneng banget kadang sebel banget saking ni anak ada aja kelakuannya. Tapi sekolah butuh orang kaya mereka biar bisa rame.. Adek punya potensi yang luar biasa dibidang olahraga kalo aja dia mau serius banget. Begitu juga sama si Abang.. Kadang sisi potensial anak harus kita jeli kan liatnya. Darah tinggi saya naik sama dua anak ini saking seringnya telat ke sekolah dulu, tapi di setiap pertandingan olahraga nama dua anak ini ga pernah absen dan tertib... kesel kesel gimana gitu kan....




Pandemic merampas banyak hal dari saya untuk anak anak ini. Menghilangkan banyak moment yang seharusnya ada. Membuat salam perpisahan tidak ada sebagaimana mestinya. Melalui tulisan ini Ibu cuma mau bilang "Kalian adalah generasi yang terpilih, bertahan dengan kondisi yang serba tidak pasti"
Maaf kalo kehidupan sekolah ini terjadi sama kalian, untuk kenangan yang terbatas, untuk moment yang tak banyak membekas...

Namun hidup terus berjalan anak anakku, kedepannya akan banyak hal hal baru yang kalian hadapi. Maka teruslah semangat, jangan nyerah. Kalau lelah, duduklah sebentar, hilangkan penatmu, lalu bangkit lagi dan berjuang lagi.

Karena kita ga ada perpisahan, maka saya sampaikan disini aja ya.. 
Anak anakku, maaf untuk tiga tahun yang tak sempurna
Terima kasih untuk tetap bertahan
Kejar mimpi mimpi mu
Hidup kadang terasa tidak berpihak
Tapi dunia ini masih tempat yang menyenangkan
Semua orang memiliki lelahnya masing masing
Tapi kebahagiaan juga menjadi hak semua orang

Anak anakku, 
Sekolah ini rumah kamu
Guru guru yang ada juga keluargamu

Kalo suatu saat rindu, maka datang saja, ga ada salahnya mengunjungi keluarga..
Jangan merasa sendiri, berusahalah untuk jadi yang terbaik versi dirimu, dan jangan lupa Bahagia
Ini mungkin klise terdengarnya, tapi ini benar, doa kami selalu untuk kalian..

Sampai ketemu lagi, mudah mudahan saat itu tak ada lagi halangan untuk kita saling menggenggam tangan dan mempererat pelukan..

Salam sayang dari Ibu...





Read more ...

Dear Mama...

Minggu, Mei 09, 2021
Dear Mama...

Udah setahun aja ya Ma kita ga sama sama lagi. 4 Mei 2020 tugas mama selesai dimuka bumi. Ega pikir ega bakal hancur saat ga ada Mama. Gimana ngga, setiap harinya Ega selalu ketemu mama, meluk mama sampe mama sesak napas, nyiumin mama bertubi tubi sampe mama bilang "Kasian ya kak, cuma bs cium mama, ga ada yang bisa dicium siii".. Well, kadang itu buat ega manyun ya Ma.. 

Tapi Ma, nyatanya anak mama kuat.. "Yatim Piatu" itu sedih dengarnya, sangat ga lengkap, kosong. Hanya saja Ega ga mau ngelabelin diri ini semenyedihkan itu. Mama dan Bapak memang pergi, tapi kerennya nih legacy yang Mama dan Bapak kasi ke Ega itu luar biasa.. 

Dari Bapak,  ega belajar artinya kerja keras, bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan, dan ga gampang nyerah. Bapak selalu bilang "Kak Ega itu pintar, Kak Ega itu bisa apa aja". Kata kata ajaib ini yang buat Ega ngerasa kalo Ega bisa bertahan dengan segala keadaan. 

Dari Mama, Ega belajar akan kepasrahan, penerimaan dan penyerahan diri kepada kekuatan yang lebih tinggi. Ini yang sedang Ega lakukan sekarang. 

Alih alih protes kepada Allah betapa sendirinya Ega, yang Ega lakukan justru ya dekat aja sama Allah. Coba sholat lebih tepat waktu, ngaji terus, doa terus. Mama pasti senang deh liatnya, Anak Mama ini tahun 2021 ini udah 3x khatam loh. Keren ga tuh Ma...
Tarawehnya juga rajin Ma, di shaf pertama terus, dan mudah mudahan sampai akhir Ramadhan bisa terus gini ya Ma..

Anak Mama juga berubah loh memaknai puasa dan lebaran. Ega ga lagi pusing kue apa yang harus dibuat, baju lebaran apa yang mau dibeli. Ega malah mikir, tahun ini bisa khatam berapa kali, bisa banyakin tahajud gak, dan Ega ngerasa sedih banget puasa mau berakhir.. Mama bangga kan Ma? Ega aja ngga nyangka sama diri Ega yang sekarang.. 

Ma... 
Anak mama ini masih bego soal cinta. Kadang mau geplak kepala sendiri saking begonya. Mama tau lah siapa yang Ega cinta. Iya masih dia Ma, masih orang yang sama. Tapi akhir akhir ini karena Ega lagi deket sama Allah terus ni, kaya diliatin gitu Ma, dia bukan orang yang tepat. Laki laki yang masih baik tapi tidak tepat untuk Ega. 
Sedih? Iya Ma. Tapi ya udah sedih aja ga frustasi. Aman. Anak mama masih aman aman aja. 


                                                                   

IKHLAS. Susah banget belajarnya. Doa untuk ikhlas bahwa dia bukan untuk kita ternyata ga mudah Ma. Doa Ega berkali kali berubah. Mulai dari minta bolak balikkan hatinya untuk Ega sampai akhirnya pasrah dengan doa lirih "Buat Ega tak lagi sakit jika dia bukan untuk Ega". 

Kalau ditanya sekarang keinginan terbesar Ega apa. Ega ga tau juga jawabnya apa. Tapi  kalaupun Ega nanti punya seseorang, kalau boleh Ega mau ditemukan dengan orang yang akan membangunkan Ega disepertiga malam untuk sholat bersama. Romantis banget ya Ma hehe. 

Mama dan Bapak memang udah jauh dari Ega. Fisik iya. Tapi entah kenapa setiap doa yang Ega sampaikan melalui Allah, ngerasanya tu ga jauh jauh banget jadinya, karena nama mama dan bapak selalu ada di setiap doa di tiap sujud, dan juga setelah sholat. 

Ega juga mulai berfikir tentang kematian Ma. 
Betapa umur kita didunia lebih singkat dibanding nanti disaat kita pergi. Jadi mulai mikir amal apa yang mau dibawa. Bisa ga ya Ega kaya mama meninggal dibulan baik, seperti Bapak yang perginya mengagetkan semua orang, yang kemudian ramai sekali orang yang sholatin.. 
Ega bisa gitu ga ya Ma?

Mama, Ega rindu sekali.. 
Rindu kalo habis pergi pergi langsung ke kamar Mama buat cerita. 
Rindu beliin hal hal kecil yang Mama mau.
Rindu cerita bodoh tentang cinta Ega yang ga kesampaian
bahkan ni Ma, Ega bisa rindu hanya dengan mencium bau tisu basah. Jadi ingat bersihin badan Mama, kalo Mama lagi ga bisa ngelakuin sendiri..




Mau cerita apa lagi ya Ma. Hidup Ega lagi sangat baik baik saja sekarang. Baik karena ngerasa dicukupkan oleh Allah. 
Allah itu luar biasa ya Ma. Bantuuuuuuu Ega banget. Allah sayang banget sama Ega Ma. Mungkin satu satunya yang agak Ega sesalkan, Mama ga lihat Ega sedekat ini sama Allah saat Mama ada. Coba dulu gitu ya Ma, pasti kita udah ngaji bareng, sholat bareng, ikut Mama ke Mesjid.. 
Gapapalah ya Ma, paling enggak Allah udah kasi kesempatan buat Ega perbaiki diri, Allah seromantis itu Ma... 

Sebentar lagi lebaran, Inshaa Allah Ega bakal ke tempat Mama dan Bapak. Terima kasih ya Mama dan Bapak, sudah jadi orang tua yang luar biasa untuk Ega. SURGA ya Allah, Semoga Surga tempat Mama dan Bapak. 
Sekali lagi deh Ma... Sekali lagi Ega mau bilang "Dari ujung kaki sampe ubun ubun nii Rindu Ega dahsyat banget untuk Mama dan Bapak"

Allah, jaga mereka ya, doa Ega selalu untuk Mama dan Bapak.. Semoga sampai.. 
Ma, Pak, 
Ega baik baik saja... 


Read more ...

Waiting for Miracle

Rabu, Oktober 07, 2020

Kata orang kalau kita memimpikan seseorang tandanya orang itu sedang memikirkan kita. Saya bisa pastikan itu bohong. Saya ingat malam tadi saya memikirkan orang ini, SANGAT. Saya ngga tau apa saya rindu atau karena sudah menjadi kebiasaan dengan hadirnya dia, lalu saat dia menghilang, saya merasa resah sendiri? Entahlah. 

Lalu yang saya ingat, sehabis subuh saya kembali tidur, lalu mimpi itu datang. Indah sekali. Dan saya tau makna "mimpi indah". Seandainya saja mimpi itu berlanjut di dunia nyata. Ah seandainya itu menyakitkan ya. Saya tau dengan sangat jelas itu tidak mungkin. 

Saya percaya semuanya bisa terjadi kalau Tuhan bilang terjadi. Namun, yang saya rasakan saat ini Tuhanpun berkata "wake up, its not gonna be happen, ya pabo ya!!"




Kamu adalah segala ketidakmungkinan yang aku harap menjadi nyata. Keajaiban yang bisa muncul dihadapan. Ingin rasanya memaksa itu semua terjadi, namun dengan segala kekuatan yang aku punya pun aku tak mampu melakukannya. 

Aku tau tak ada kata pantas untuk kita. Otak dan hatiku sebenarnya sudah sangat menyadari itu. Tapi kalo cinta aku bisa apa. Pantas tak pantas aku tetap memikirkan kita. 

Tuhan, aku tak minta banyak, malam ini saja berikan mimpi yang kau beri padaku untuknya juga. Kalau boleh, berikan dia kemungkinan yang aku ingin menjadi nyata. Jika ia berani melakukannya, maka dengan segala keberanianku, aku juga akan siap menghadapi dunia yang bilang tak patut menjadi patut, yang tak pantas menjadi layak. 

Malam ini saja Tuhan. Aku mohon. 

Read more ...

Pelukan Tanpa Balas

Selasa, Mei 12, 2020
Day 8 Mama pergi. Melanjutkan hidup tentu saja iya. Tertawa? Sudah bisa walau belum sepenuhnya lepas. Saya adalah orang yang sangat ekspresif dalam menampilkan rasa, semua orang tau itu. Tapi dengan kepergian Mama, saya tak bisa benar benar mengekspresikan rasa sedih saya. Menangis sejadi jadinya tidak saya lakukan. Entahlah, saya hanya khawatir Mama marah.

Alih alih mengekspresikan sedih, saya hanya ingin membuat tulisan yang mungkin bisa jadi bahan renungan sedikit saja untuk kita semua. 

Bagi kalian yang masih memiliki orangtua, SEMPATKAN LAH.....

1. Hubungi mereka SETIAP HARI. Tak perlu menunggu ada kepentingan. Cukup cerita tentang hari ini kepada mereka. Percayalah, orangtua kalian bahagia saat tau kabar anak anaknya. Saya sangat merindukan suara mama saya apalagi saat beliau memanggil saya kak. 
Saya hanya bisa scroll pembicaraan mama saya dengan saya di whatsapp... Isi yang sangat random, mulai dari mama ngabarin udah makan nasi padang sampe kalimat mama yang minta ke kamarnya karena saya kelamaan di kamar saya.

2. TAKE A PICTURE sebanyak yang kalian bisa untuk mengabadikan moment.Percayalah, ratusan bahkan ribuan foto mama yang saya punya tak bisa menghapus kerinduan saya sama beliau. Tapi cuma itu yang bisa saya lakukan sekarang, Foto foto itu yang buat saya masih bisa menarik napas dengan benar. Jauh dari orangtua? Vcall dan screen shot sebanyak yang kalian bisa, Screen recorder semampu yang kalian bisa.

3. AMBIL WAKTU BERSAMA ORTU, HANYA KAMU DAN ORTUMU. Bukan dengan kakak atau adik. Tapi hanya moment yang kalian punya bersama mama papa kalian. Saya bersyukur pernah mengajak Mama liburan akhir taun hanya berdua dengan mama dihotel, ngobrol ga jelas dari malam ketemu pagi. Ngajak mama keluar kota hanya untuk menonton film dan makan bareng. Sisanya saya rasa saya menghabiskan moment dengan mama dan bapak saya bersama keluarga yang lain. Tapi moment hanya dengan ortu membuat saya merasa setidaknya saya pernah membuat mama saya bahagia, hanya bersama saya.


 





4. BELIKAN SESUATU. Tak perlu mahal, tak perlu berlebihan. Cukup ingat mama atau papa suka makan apa belikan, shampoo mama abis, belikan. Jangan menunggu kamu sukses untuk membelikan mereka sesuatu. Lakukan, Bahagia rasanya saat melihat mereka senang kamu peduli. "Makasi ya kak", ini kalimat bonus yang membuat saya bisa kuat jalani hari hari terakhir ini.

5. ORANGTUA mu diatas segala kepentingan. Please jangan jadikan pekerjaan atau kesibukan membuat kalian menunda untuk mengurus, menemani, menemui orangtuamu. Pekerjaanmu tak menunggu dan tak peduli akan kehilanganmu saat ini. Kehilangan ini percayalah juga membuatmu kehilangan alasan bekerja keras.

6. JANGAN MENGELUH. Pada akhirnya saya percaya "Kasih Ibu sepanjang Jalan sementara kasih anak hanya sepanjang Galah". Sakitnya mama hampir setahun membuat saya dan kakak adek dan abang cukup lelah. Alhamdulillah saya punya kaka adek yang saling mengingatkan jika salah satu dari kita lelah. Orangtua kita akan kembali ke masa anak anaknya yang pada akhirnya menjadikan kita yang diandalkan oleh orangtua kita. Sulit kadang rasanya melihat ibu yang biasanya super power lemah tak berdaya., 
Saat masih ada waktu, Telatenlah menjaga mereka, tetap sebarkan senyum kalian untuk mereka. Sembunyikan lelahmu. 2 hari sebelum mama dibawa ke rumah sakit, saya dan adek saya membawa mama ke dokter dan membelikan mama "Beef Toast" dan sampai dirumah mama bilang "Ya Allah, Alhamdulillah punya anak anak yang rela capek". Kalian tau? Kalimat mama ini yang buat saya dan kaka adek saya bertahan bahwa kami sudah melakukan maksimal untuk Mama. 

Tapi, saya tidak pernah menyangka, bahwa saya merindukan tengah malam dibangunkan mama hanya untuk kasi minyak angin dikepalanya, gantiin pampers, atau kecilin AC. Kalau mau egois, saya rela kembali ke masa masa itu asal ada mama. Tapi No... Mama sudah sangat bahagia sekarang tanpa rasa sakitnya. 

Saya harap postingan saya kali ini bisa membuat teman teman semua yang membaca ini lebih menghargai waktu yang diberikan oleh Tuhan untuk lebih bisa bersama orangtua kalian. 
Tepat 04 Mei 2020, Saya memeluk mama saya terakhir kalinya. Kali ini Pelukan tanpa Balas. 

Read more ...

ROXANNE GENERATION

Jumat, Maret 27, 2020
Dear My Roxanne Generation...

Apa kabar? Ibu rindu. Kalian harus sehat, harus jaga diri. Ibu bingung mau darimana ibu mulai cerita ini. Harusnya Bulan Maret dan April adalah milik kalian, milik kita. Moment yang sebenarnya akan banyak tercipta, namun semua itu direnggut paksa tanpa kita bisa apa apa
Tapi ibu percaya, kalian adalah generasi hebat, generasi petarung yang bisa mengatasi semuanya. Sekarang kita dapat cobaan sama sama, tapi ibu yakin anak anak ibu dan kita semua akan mampu lewatin situasi yang tidak menyenangkan ini. 


Kiddos, hari ini ibu boleh ya mellow.. 
Serius nih, ibu habis aja liat video colorfun kita. Ibu jadi sangaaaaaat rindu kalian semua. Wajah wajah didalamnya bahagia semua. Terima kasih. Ibu lega kalian bahagia di moment itu, kalian bahagia jadi bagian Keluarga Besar SMK Pembangunan Tanjungpinang.
Ibu ingin sekali kembali memeluk kalian.. ketemu salaman seperti biasanya kita.
Tapi, lagi lagi kondisinya tidak memungkinkan... 

Udah ah ga mau nangis lagi. Ibu hanya pengen cerita tentang generasi ini...
Lets start kiddos...

Roxanne Generation "Generasi yang bersinar", nama yang penuh pengharapan, ucapkan itu terus menerus maka akan jadi doa yang akan dikabulkan. Cerita tentang nama itu dibentuk di last minutes dengan omelan waka kesiswaan karena colorfun ga beres beres persiapannya. Ibu dan bu Herlina sampe bingung kenapa ga mulai mulai kerjanya. Kita tau kalian ingin mandiri tapi yang kalian lupa, kalian masih butuh bimbingan guru kalian yah walopun bawel dan ga nyaman buat kalian..

Berkali kali bu herlina dan ibu ga mau ikut campur, supaya ga berasa tua acaranya, supaya kekinian seperti yang kalian mau. Tapi akhirnya kita sama sama bisa buat acaranya jadi luar biasa. 
Ibu bangga sama panitia panitianya. Niat banget latihannya, pulang sekolah sampe sore, trus diomelin pula.

Hari itu kita sama sama menikmati acaranya sampai habis, tidak ada yg mau pulang duluan. Kita menikmati moment demi moment, sampe di malam hari jadi ajang kita buat refleksi diri. Ada yang berani minta maaf ke temennya karena pernah berantem, ada yang janji sama temennya kalo akan sama sama terus, genggaman tangan dan pelukan menjadi bahasa paling jelas bahwa kalian saling sayang




Kita masih sedikit beruntung, kita masih ada colorfun ini. Jujur saja, ibu masih berharap ada keajaiban di bulan April ini semua membaik lalu kita bisa melaksanakan perpisahan, perpisahan yang termanis yang bisa dilakukan...

Tapi ibu capek berandai andai.. Jadi ibu mau ambil kesempatan ini untuk cerita moment ibu sama kalian....

Terima kasih ibu buat Tere, yang pernah buat ibu bangga karena pernah jadi paskibraka tingkat kota yang akhirnya memberikan ibu kesempatan untuk pernah hadir di pengukuhan  paskibraka. Tere ga tau betapa ibu menahan air mata bangga saat itu, itu pengalaman pertama ibu. Terima kasih sayang....By the way, Ibu ga akan lupa omongan kamu yang bikin kaget di perpustakaan. Sssssst..... hahaha







Terima kasih Kevin dan Windi. Dua pimpinan Pramuka kebanggaan. Kalian pradana putra dan putri terbaik yang ibu punya. Windi yang sangat peduli dengan teman temannya. Ibu tau waktu itu kamu lelah, tapi ibu juga lihat semangat luar biasa kamu.
Kevin yang selalu jadi teman diskusi ibu tentang pramuka. Maaf ibu tidak banyak memberikan apa yang kamu harapkan untuk pramuka. Terima kasih untuk dedikasinya vin. Ibu akan merindukan saat kita ngobrol di ruangan ibu. Siswa yang paling sering ada diruangan ibu. Kamu menenangkan ibu Vin..



Al-azhar Club hehehe (Bowo, Yudha, Adil,  Cintia, Ayu dan Anggi), Kalian tantangan berat ibu, ibu tau tidak mudah buat kalian untuk menyesuaikan diri. Berkali kali bermasalah, tapi tidak ada kata kata melawan dari kalian, yah walopun bu Herlina sampe bilang kalian anak anak istimewa saking keselnya hehe,  Tapi berkat Yudha, Adil dan Bowo, akhirnya kita bisa ada Futsal Team dan Yeaaay kita Juara II Turnamen. Terima kasih untuk semangat pantang menyerah dan motivasinya di grup futsal Yudha, Adil dan Bowo. Akhirnya kita angkat Piala.





Ibu akan kangen sama Siska, yang selalu sopan kalau Whatsapp, yang selalu ingatin buat makan siang malam buat ibu. Yang datangin ibu untuk belajar nyanyi (padahal ibu ga bisa nyanyi sama sekali Siska)


Ada Wesly yang mantan ketua osis, yang anaknya ga mau ribet, tapi peduli sekali sama sekolah, yang punya bakat di musik, yang kalo ngomong langsung to the point. Selamat kuliah wes, ga semudah yang dibayangkan, tapi juga sangat menyenangkan.




12 Pemasaran 1 dengan suara riuhnya. Hari Jumat menjadi menyenangkan buat ibu, mengajar di kelas 12 PM 1 selalu happy, seingat ibu, tidak pernah marah di kelas ini karena semuanya welcome sama ibu. Ributnya luar biasa, tapi juga peduli sama pelajarannya. Eh tapi pernah kok dihukum karena pulang duluan ga pake pamit...
Kangen ngajar, kalo yang terlambat masuk kelas harus dance dulu, dan kelas ini malah ga ada malunya, jadi ajang dance dan bentuk boyband dsitu...



12 Pemasaran 2, hem....yang ibu ingat sama riuhnya. Jadi ingat Aldo nyanyi Indonesia Raya di mimbar, dan teman teman kelasnya jadi penonton. Kena hukum, tapi happy itu 12 PM 2. Pernah minta izin mau pulang karena udah ga ada jam. Tapi yang keluar dari mulut kelas ini : "Ibu mau ada tambahan jam ga? boleh masuk kelas kami". Sungguh sandiwara itu sangat terbaca anak anakku hahaha.. 



12 Akuntansi 1 dan 2, jujur ibu tidak punya moment khusus mengajar di kelas ini. Tapi, 2 kelas ini sangat menyenangkan saat Moment Ujian Praktik Bahasa Inggris dan Seni Budaya. Persiapan yang luar biasa, Mulai dari Drama Cinderella, Snow White sampai Lutung Kasarung. Ibu betah nontonnya. Dan untuk pertama kalinya, kita ujian sampai malam hari. Kalian senang, Ibu jantungan liat jam, takut datang orang tua kalian yang protes anaknya ga balik balik. 






Jihan dan Anthony, Terima kasih moment LKSnya. Belajar sampai tengah malam, capek, kesel jadi satu, tapi perjalanan bersama kalian sangat menyenangkan. Saling support, saling peduli dan saling sebel juga kita sama jurinya #eh 




Yang tak terlupakan, Basket Team A...Ibu akan selalu ingat  moment ini. SMANSA CUP the best moment buat anak basket, kita sedekat itu, sekompak itu, saling kasi semangat, bahkan ibu sanggup panas panasan demi nemanin kalian latihan. Anak anak basket ini berasa jadi bodyguard saya.. Kalo datang rombongan, ah jadi mellow lagi....





Ibu bakal kangen sama Eja, si penyuka oren, sama dengan ibu. Tampak ceria tapi banyak menyembunyikan cerita, yang selalu kasi semangat dengan kalimatnya yang manis, tapi sulit terbuka sama ibu. Apapun jalan yang nantinya Eja pilih, ibu selalu ada buat Eja.




Kangen sama Anok, si pembawa suasana jadi lebih baik, yang bisa membaur ke siapa aja. Kalo ada Anok, tawa akan selalu ada, semenyenangkan itu anaknya. Sangat tanggung jawab, apalagi kalo urusannya dengan Drumband. Beuuuuh tegas abis. Kalo ngomong ucapan refleknya keren, bisa cepet gitu... Semoga one day kita bisa sama sama nonton konser Beyonce dan nyanyi hello bareng ya Nok...




Sepupuan tapi rasanya seperti anak kembar. Ibu bakal kangen sama Jac dan Vidi. Roxanne keren karena ada Jac si pembuat koreo nya. Jadi asik banget. Yang bela belain balik lagi main basket demi pemba cup, tapi maaf ya jac ga sesuai harapan kita.  Vidy, anak yang asik. Ga akan pernah lupa kalo dia suka ngomong "Nah ini baru best". Tanggung jawab banget. Sopan dan gaya basket kamu paling asik. Mereka tuh ibaratnya obat, ya jadi obat penenang, bikin cair suasana, santai kaya dipantai, ikut arus tapi ga menenggelamkan diri...







Ari si aktor utama di film colorfun. Ah bakal kangen sama manjanya kamu Nak. Kangen sama masakan kamu, konyolnya kamu, curhatan yang berjam jam. Jadi ingat ibunya ga boleh makan pas dia curhat. "Minum aja bu, buat nahan laparnya". Tampak selalu ceria, tapi matanya ga bisa bohong kalau lagi sedih. One day, semoga apa yang Ari pengen semuanya bisa terwujud. Ibu sayang.




Ada Leo yang omongannya suka bikin kaget, yang suka telat tapi dia yang protes, ya ga bisa debat sama ibunya cuma pasrah bilang "ah ya udah lah ya bu", tapi cuma dia yang berani bilang sama ibunya "SOMBONG AMAT". Padahal ibunya cuma bilang udah beli bola basket baru tapi iya juga sih nyebutin harganya hahaha...





The Trouble Maker hahaha (Banafaz, Velisa, Bruce lee) + Febtri , Entah berapa kali kalian hadir di kantor dengan berbagai masalah, dari kelas X sampe XII hahaha, tapi lucunya semarah apapun kami dengan kalian, tak ada melawan, tetap dengar walo abis itu buat lagi. Bakal kangen nak, semoga persahabatan yg penuh gejolak itu tetap bertahan.

Nova Natasha, Anak comelnya ibu. Saat lihat anak ini pertama kali, Ibunya langsung jatuh sayang. Comel banget, tapi keras hati. Beberapa kali bermasalah, tapi ibunya ga pernah bisa marah. Susah sekali untuk marah.
Makin kelas 12 makin deket, makin sedih ibunya tu mau pisah. Malam colorfun tiba tiba datangin dan meluk ibu, hem ibu pun sedih, tapi ibu tau dan yakin kamu bakal baik baik aja nanti. Baik baik ya comel, kejar mimpinya, kamu bisa anakku.



dan Ermanto, kesayangan. Yang enak diajak ngobrol. Pendengar yang baik, yang punya mimpi besar, yang ibu yakin kamu bisa dapat mimpi itu. Yang bisa jadi ermanto yang beda kalo udah di lapangan basket. Maaf pemba cup kita belum bisa terlaksana. Ngobrol tentang stand up yang menyenangkan, tentang film filmnya Ernest, quote2 motivasi. Semangat untuk berpetualang di tempat yang lebih besar, Susah? Iya banget tapi pasti menyenangkan.


Moment colorfun mungkin moment yang bisa diberikan terakhir pada kalian semua, tapi kalian perlu ingat, nanti,
Pada saat taun taun kedepan, saat kalian lihat poster di jalan acara color run, kalian bisa bilang "aku udah pernah sama anak2 roxanne", 
Saat kalian lihat anak anak dance, aku juga udah pernah sama anak2 roxanne
Saat kalian malas acara tahun baru karena kecapekan kerja, kuliah lalu lihat kembang api, kalian bisa bilang, aku udah pernah sama anak anak roxanne

Maka simpanlah moment itu erat erat, simpul yang kuat, karena bila kalian nanti lelah dalam mengejar mimpi, kalian bisa buka kembali dan tarik napas dalam dalam sambil bilang "ada 110 anak yang mengejar mimpi bersama"

Dan terakhir anak anakku, kalian adalah Generasi yang akan bersinar dengan cara kalian masing masing. Jadilah diri sendiri, dan bisa jadi peneduh buat orang banyak. Sampai ketemu di lain waktu, jangan segan untuk mampir, SMK Pembangunan rumah kalian......
dan Ibu akan menunggu. Ibu sayang. 




Read more ...