You are free now...

Kamis, Januari 16, 2020
Pernah ga ngerasa ada di hubungan yang sangat toxic? Yeah sama siapa aja, bisa sahabat, pacar, suami, istri atau keluarga lainnya?

Kalo ditanya ke saya.. Saya punya banget hubungan yang sangat Toxic dan itu sangat melelahkan jiawa dan fikiran saya. Kaya ada beban yang ga pernah bisa terangkat dari pundak. Tahun 2019 adalah tahun paling "sakit" yang saya rasakan. 
Jangan bayangkan hubungan toxic yang bikin merana hidup atau jadi depresi. No. Bukan seperti itu, tapi lebih ke hubungan yang melelahkan karena ingin sekali lepas tapi ga bisa. Terseret begitu saja. 
Agak ngambang ya penjelasannya? hahaha karena saya sendiri ga tau dan bingung ngejelasinnya kaya gimana.



Saat saya care sama orang saya bener bener bisa peduli dari ujung kepala sampe kaki dan sangat detail. Itu KELEMAHAN terbesar dalam hidup saya. Kesannya saya akan habis habisan buat orang itu. Saya pernah punya orang orang dekat bahkan sampe urusan sekecil apapun saya yang ngurusin. Mungkin itu cara bodoh saya supaya membuat mereka bertahan. Saya menahan sakit saya dan suara hati kecil saya dengan mengatakan mereka peduli karena mereka ada disekitar saya. 

Hati saya menjerit menyampaikan mereka ga peduli kamu, ada disekitarmu karena mereka butuh, karena mereka memanfaatkanmu.
Lalu pikiran dangkal ini berbicara 'Ya bagus dong, itu artinya saya orang yang mereka tuju yang mereka percaya untuk menyelesaikan masalah mereka"
Si hati bilang "Trus mereka bahagia, mereka datangin kamu?"
Kepala tiba tiba kebentur tembok.

Yang gilanya saya malah selalu mencari cara agar mereka tetap ada disekitar saya walau saya harus banyak berkorban untuk itu.Yang penting orang2 yang saya sayang itu bisa menyelesaikan masalahnya dan saya yang bisa membantu banyak. Ga bisa saya ceritakan detail  disini, kadang bahkan melebihi apa yang bisa saya kasi untuk diri saya. 

Sampai dengan akhir 2019, Saya ga tau mungkin saat saya tidur saya kebentur tembok dalam mimpi saya, atau malah nabrak bus. Saya tau tau bisa berfikir jernih. Hey, bahagiamu itu kamu bukan ditentukan orang lain. Wake up!!. Kamu ga akan sendiri kok, ga usah maksa orang untuk stay disamping kamu sampe kamu ngorbanin banyak hal.

Saya kemudian langsung ambil langkah cepat dengan mendetox diri sendiri. Saya meninggalkan mereka, tidak lagi bertanya tentang mereka dengan orang orang sekitarnya, saya balik ke hidup saya dengan membahagiakan diri saya sendiri. You know what?Sekarang saya bisa banyak berbuat untuk menyenangkan diri saya sendiri. 
Dulu saya bisa senyum melihat mereka mereka yang saya sayangi itu bahagia karena mendapat apa yang mereka inginkan lewat bantuan saya. Sekarang saya mikir, trus mereka mikir ga buat saya tersenyum? emang ba***at, t**, kenapa sih fikiran sehat ini baru ada di pikiran saya... Hey hello, udah bener bener sadar kan sekarang... 

Menggantungkan bahagia sama orang lain salah banget sih salaaaaah. Menggantungkan harapan pada manusia juga ga sepenuhnya benar.
Akhirnya saya mulai bersihin toxic ini dari tubuh saya. 
Kamu tau media sosial juga toxic? Saya masih sangat tergantung dengan media sosial ini. Dulu, saya bahkan ga bisa ada tanda notif di medsos saya harus langsung cek walo saya tau itu isinya kadang dari grup yang ga jelas. 
Sekarang saya bisa berfikir ah kalo mereka bener bener peduli dan perlu juga mereka nelp. ga perlu langsung bergegas typing dengan perasaan dosa kalo ga bales.
Ga sepenuhnya sembuh, tapi udah lumayan penggunaan medsos saya sekarang saat ini.
Dulu, saya sangat mengecek siapa yang baca status saya, sekarang setelah membuat status saya bisa meninggalkan begitu saja dan tidak pernah lagi mengeceknya. 
Bagi orang orang yang sangat ketergantungan dengan medsos ini udah lumayan banget sih ini. 

Bahagia kah saya sekarang? Ga sepenuhnya tapi hidup saya jauh lebih baik. Saya merasa bebas dan nyaman aja. Kehilangan orang orang ini adalah pelajaran besar buat saya untuk belajar balance kalau peduli, 
Ga cepat langsung peduli. 
Saya belajar menghargai diri saya lebih tinggi. Saya belajar bahwa saya layak. 
dan paling penting saya belajar melihat lebih dalam siapa yang sebenar benarnya peduli.

Dulu prinsip saya, saya harus lebih mencintai, karena saya sangat peduli dengan rasa itu. Tapi sekarang prinsip ini berubah. Saya tetap lebih mencintai, tapi itu DIRI SAYA. 
Well, i am free now...




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

makasi udah baca ceritanya kak ega.. please give ur comment and let me know who you are.. sekali lagi makasi kawan :)