Susahnya Bilang Tidak

Minggu, Mei 24, 2009
Kesibukan mulai menggila minggu ini. Mo ujian, di repotin buat soal ujian. Harus mantep bentuk soalnya, seakan2 jadi ajang balas dendam buat murid selama satu semester ini Lum lagi ada laporan2 keuangan yang harus ak buat (gini nih susahnya jadi guru produktif....SMK Bisa hahahaha)

Di tengah kesibukan, rasa2nya pengen banget ‘punya waktu sendiri’ manjain diri sendiri, bikin happy diri sendiri. Tapi sayangnya ngga bisa begitu… ini karena Kak Ega sendiri sih penyebabnya, mo bikin susah diri sendiri. Bukan apa2..bukannya sok pintar apalagi cari muka saat orang2 datang minta tolong. Ga lebih karena banyakan perasaan ga enaknya.

Ga, ntar malem nemenin ak beli buku ya”.
Aduh, kan malem ini mo buat soal2 yang belum selesai. Tapi yang keluar dari mulut “Ayo ajah! Ntar ak temenin deh”. Huaaaaaaaaaaaaaaa…..kepaksa deh larut malem baru ngerjain tugasnya. Besok paginya ngantuk banget. Mood bisa ilang buat ngajar. Pyuuuuuh.

Niat pulang ngajar pengen bobo’ eh disamperin “Ga, temenin ke undangan ya” waduuuuh pengen bobo..tetap aja yang keluar dari mulut “Jam berapa kak kesananya??”.

Yang lebih parah nih sok baik deh suka2 nawarin bantuan, bis ga tega liat muka temen yang kebingungan. “Komputer error, mana lum ngetik soal”. Dengan jiwa sok hero “Sini Kak, soalnya biar Ega aja yang ketikin”. Padahal nih ya Soal ak aja lum beres. Bodoh banget ga sih…..


Kayanya dari dulu nih masalah lum ilang2. paling berat bilang ngga ma orang. Padahal hati ga pengen bisa aja jadi ya, apalagi kalo liat wajah mereka yang memelas. Bikin ga tega. Ngebayangin kalo ak di posisi mereka, pasti sedih kalo minta tolong ga ada yang mo bantuin.
Cuma kadang ini jadi bumerang buat ak sendiri karena jadi numpuk2 yang harus dikerjain. Yang ada ngeluh mulu, lah jadi ga ikhlas kan… mana pahalanya coba..ck..ck..ck…

Pernah curhat ma sahabat ak masalah kaya’ gini. Eh dijawabnya ‘kamu sih kelewat baik’ atau ‘kamu sih mo nyusahin diri sendiri’ lebih parah lagi ‘apa susahnya sih bilang ga bisa’. Pyuuuuuuuuuuuh. Ak butuh solusi bukan diomelin. Gimana sih.

Kalo ngomong ‘ga bisa’ atau ‘tidak’ itu gampang ya ak ga bakal curhat kan. Masalahnya ak susah banget nolak. Yah gini deh, serasa waktu tuh dikit banget. Padahal yang buat masalah kan ak sendiri.
Kalo suatu saat kalian liat ak jalan ma temen atau siapalah dengan muka yang ditekuk berlipat2 mungin aja saat itu ak ‘ga bisa bilang tidak’
kasi solusi dong...please....

30 komentar:

  1. ya ampun kak egaaaa, bilang ajah TIDAKKKKKKKKKKK!!!!!!, hehehehhe

    BalasHapus
  2. itu sih namanya terlalu baek mba...

    aku juga suka gitu, ngga enak aja kalo tiba-tiba kita nolak ajakan dia

    BalasHapus
  3. Yah, kalau susah untuk bilang tidak, solusinya mungkin cepat-cepat selesain tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Kalau sudah fokus kesana, orang lain lihat juga, rasanya kl mereka cukup waras, hehe, segan juga merepotkan orang yang sdg sibuk. Bila perlu buat daftar apa saja hal yang harus dikerjakan, hal prioritas. Tulis besar2, tempel di meja kerja, tempel di lemari filenya, di kamar tidur juga, hihi. Cuma saran dari saya kak Ega.

    BalasHapus
  4. yahh..mmg paling susah mba.. dan aku adlh slh satu org yg paling sulit bilang tidak.. huff.. mpe ada kakak di basecamp nagsih buku ttg begituan.. hahahha

    BalasHapus
  5. tenang aja, orang baik tu di sayang Tuhan kok.
    eh blognya aku follow, follow balik yahh. tengkiu

    BalasHapus
  6. aku juga susah bilang tidak, terasa berat sekali mengatakannya

    BalasHapus
  7. ga
    tidak
    no
    tak
    ora

    oh no plis deh
    berbuat baik khan dapat pahala Ga

    BalasHapus
  8. kak ega harus berani bilang tidak dong..tapi dengan cara yang sopan, biar nggak menyinggung perasaan. soalnya kalo diterusin, bisa-bisa kak ega dimanfaatin tuh!

    BalasHapus
  9. Disini nih, ego kak ega g jalan..

    tapi jika sudah bilang 'ya' ikhlas ga? mau nanggung pendingan krjaan sendiri kah?

    BalasHapus
  10. Jiah... ferivikasinya ngol lg kak?!

    BalasHapus
  11. Emang harus belajar bilang tidak deh.
    Bantu orang sih boleh aja, tapi setelah kewajiban kita selesai dulu.
    Jadi yang pertama harus belajar bilang tidak dulu, tapi disertai alasan kenapa menolak.
    Aku yakin deh, pasti yang lain akan maklum.
    Bisa dicoba... Setuju kak Ega ?

    BalasHapus
  12. moso' see?!?!?!
    kan tinggal bilang 'ngga'... beres?!?!?!

    BalasHapus
  13. Kalo udah bilang ya mau gak mau mesti konsisten mbak walaupun harus extra gedebak gedebuk
    Tapi kalo dari awal udah ngerasa berat, mending terus terang aja daripada ngecewain.. gitu gak sih mbak?
    btw, mo dibantuin bikin lapkeu nya :D

    BalasHapus
  14. hehehehe berarti teh ega termasuk dalam anggota YES WOMAN hehehehe, jadi partnernya si Jim Carrey

    wah berarti kak ega emang punya jiwa tolong menolong yang tinggi lho kak :D

    BalasHapus
  15. masalahnya di susah ngomong ‘ga bisa’ atau ‘tidak’ nah bagaimana tar kalau ada yang ngajakin kemana jawabnya "Boleh bawa kerjaanku kesana?"

    otomatis dia akan bertanya, oh kamua da kerjaan ya, ya udah ga usah deh :P (ya klo orangnya pengertian :P)

    wkwkkw
    cuman bercanda

    BalasHapus
  16. aq ajarin kak.... kan biasanya kak ega yg ngajar sekarang gantian aq yg ngajarin kakak biar bisa bilang TIDAK!!!

    dieja ya kak..... te-i-de-a-ka.... dibaca..... IYA.... Loh kak salah... bacanya gini....

    TIIIIIDDDDDAAAAAAAAAAAAAAAAAKKKKKKKKKKKKKKKKKK

    BalasHapus
  17. wah, jadi guru yg baik hati & suka menolong...

    BalasHapus
  18. Kak Ega emang punya sifat welas asih, dimintai tolong ayo aja hehehe

    BalasHapus
  19. perasaan kok hampir sama ajah penyakitnya cewek yaah... paling sulit buat bilang tidak....

    BalasHapus
  20. kak egaaaa.....skranga kau mau bilang "tidaaaaakkkkkk...." hheheh....

    BalasHapus
  21. ehhhh....maksudnyaa "aku" bukan "kau" eheehheh.....salah.. :)

    BalasHapus
  22. Berarti kak ega termasuk tipikal org yg baik hati dan tdk s0mb0ng. Ga mw bkin org lain sedih. Hehehe

    BalasHapus
  23. Katanya mo liat M.U Vs Barcelona???
    Mana???

    BalasHapus
  24. duh gimana ya solusinya...

    coba deh kak ega nonton filmnya jim carrey: yes man!

    BalasHapus

makasi udah baca ceritanya kak ega.. please give ur comment and let me know who you are.. sekali lagi makasi kawan :)